21 February 2017

by Bambang Winarso

Oppo Bakal Pamerkan Teknologi 5X di MWC 2017

Teknologi baru ini dikaitkan dengan kemampuan kamera dan juga pengisian baterai cepat

Kendati kemungkinan besar tak akan memamerkan perangkat baru, namun Oppo baru saja mengonfirmasi tetap bakal menghadiri ajang MWC 2017 di Barcelona, Spanyol untuk memamerkan teknologi yang mereka sebut dengan 5X. Mengusung tagline “Go 5X Further”, ini adalah teknologi yang disebut-sebut berkaitan dengan kamera ponsel. Tetapi, spekulasi lain menyebut ada kaitannya dengan teknologi baterai.

Tahun lalu Oppo meluncurkan beberapa seri Selfie Expert melalui Oppo F1s, F1, F1 Plus, kemudian Oppo R9, R9s dan R9s Plus. Hampir semua seri tersebut mendapatkan sambutan hangat dari pengguna di pasar-pasar potensial Oppo. Di tahun ini, konsep yang sama diyakini akan kembali ditempuh oleh perusahaan asal Tiongkok ini, tapi dengan teknologi kamera yang lebih mutakhir. Teknologi 5X inilah yang diduga kuat akan menjadi senjata rahasia Oppo untuk ponsel-ponsel kamera di tahun 2017 ini. Dan melalui ajang MWC nanti Oppo bakal menjabarkan apa sih teknologi 5X dan bagaimana penerapannya.

Dalam teaser lain Oppo menyertakan teks “so close you can feel it” yang mengindikasikan bahwa 5X yang dimaksudkan dalam teaser adalah kemampuan optical zoom hingga 5x.

Selain spekulasi yang berkaitan dengan kamera, 5X juga dikaitkan dengan teknologi pengisian super cepat untuk ponsel-ponsel Oppo. Seperti diketahui, tak hanya piawai menjepret selfie, ponsel-ponsel Oppo juga punya teknologi VOOC Flash Charge yang mampu mengisi ulang baterai 2.500mAh dalam waktu 15 menit. Sehingga tagline 5X yang terpampang dalam teaser juga mengindikasikan adanya teknologi pengisian cepat yang 5x lebih cepat.

Dua teknologi di atas - kamera dan pengisian cepat terbukti sukses menjadi senjata paling mujarab bagi Oppo untuk mendominasi pasar mobile di kampung halamannya, Tiongkok. Dalam data rilisan Counterpoint Oppo bahkan berhasil menggeser Apple sebagai ponsel terlaris di sana. Kemudian di data pengapalan smartphoneCanalys, Oppo juga menduduki peringkat kedua di bawah Huawei yang ada di puncak.

Sumber berita Ausdroid.