Categories

Gadget

OPPO Beberkan Perangkat Keras dan Fitur Unggulan Reno4

OPPO Reno4 ditenagai chipset Snapdragon 720G dan mengemas AON Smart Sensor

Lukman Azis - 30 July 2020

Indonesia bakal kedatangan OPPO Reno4, smartphone Reno series terbaru ini rencananya akan dirilis pada tanggal 6 Agustus nanti. Sebelumnya, OPPO juga sudah menunjukkan desain Reno4 dan mengungkap beberapa fitur kamera baru seperti AI Color Portrait Mode dan Monochrome Video.

Kali ini, OPPO berbagi informasi terkait perangkat keras dan perangkat lunak, serta fitur-fitur unggulan dari Reno4 secara keseluruhan. Chipset yang digunakan ialah Qualcomm Snapdragon 720G yang mengemas AI Engine terbaru generasi ke-5 dan akan membantu performa Reno4 dalam menjalankan fitur-fitur kecerdasan buatan yang terintegrasi di ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10.

Snapdragon 720G ini dibuat dengan proses fabrikasi 8nm dan Low Power DDR4X Semiconductor. Dibandingkan dengan MediaTek Helio P95 pada Reno3 Pro, kinerja CPU single-core meningkat sekitar 46% dan kinerja CPU multi-core meningkat sekitar 26% berdasar hasil tes Geekbench. Sedangkan, kinerja GPU-nya meningkat sekitar 40% menurut hasil tes Manhattan.

AON Smart Sensor

oppo-beberkan-perangkat-keras-dan-fitur-unggulan-reno4-3

Sekarang mari bahas beberapa fitur unggulan Reno4. Tampak depan, kita melihat Reno4 memiliki dual punch-hole. Meski begitu, sebetulnya Reno4 hanya punya satu kamera depan dan satunya lagi adalah sensor yang disebut OPPO sebagai AI-enhanced smart sensor untuk fitur Smart Spying Prevention.

Contohnya saat ada pesan masuk, sensor akan mengidentifikasi dan memastikan hanya pemilik yang boleh melihat notifikasi tersebut. Kalau bukan pemiliknya, maka konten notifikasi akan disembunyikan untuk melindungi privasi pengguna.

Lebih lanjut, bila hanya satu wajah yang terdeteksi, maka kamera depan akan dihidupkan untuk mengidentifikasi wajah pemiliknya dan akan ditampilkan seluruh pesan. Sebaliknya, jika sensor mendeteksi ada lebih dari satu orang yang menghadap ke layar, maka notifikasi akan tetap ditampilkan tetapi isi konten tidak akan ditampilkan.

Selain untuk perlindungan privasi, sensor ini juga memperluas fungsi Reno4 dengan membawa fitur Smart AirControl, Smart Rotation, dan Smart Always On. Smart Air Control memungkinkan kita pengguna untuk berinteraksi dengan Reno4 tanpa menyentuh layar.

Saat ini, fungsinya memang masih sebatas untuk menggulirkan halaman layar ke arah atas dan ke bawah. Tetapi fitur ini akan terus dikembangkan, saat ini aplikasi yang didukung ialah YouTube, Facebook, Instagram, dan TikTok.

Fungsi lain, kita bisa menjawab panggilan telepon tanpa menyentuh layar. Lalu, ada ke Smart Always On Display yang dapat mengidentifikasi pengguna yang terus-menerus melihat layar, sehingga layar tidak akan mati.

ColorOS 7.2

oppo-beberkan-perangkat-keras-dan-fitur-unggulan-reno4-1

OPPO Reno4 menjalankan antarmuka terbaru ColorOS 7.2 yang berbasis Android 10. Sejumlah fitur baru diusungnya, seperti Super Power Saving Mode yang memanfaatkan pendekatan seluruh sistem (seperti penyesuaian frekuensi CPU dan kecerahan layar) untuk menghemat daya.

Dalam Super Power Saving Mode, ada enam aplikasi yang dapat ditampilkan pada homescreen. Secara default, ada telepon, pesan, jam, dan bisa ditambah untuk aplikasi lainnya. Ketika baterai Reno4 turun menjadi 10% dan 5%, pesan pop-up akan muncul yang meminta pengguna untuk mengaktifkan mode ini.

Dengan fitur ini, Reno4 dapat berkirim pesan WhatsApp selama 1,5 jam dan menelepon lebih dari 1 jam dengan baterai hanya 5%. Bila baterai habis pun kita bisa mengisi ulang baterai dari 0 persen ke 50 persen dengan waktu 20 menit saja. Serta, 56 menit secara penuh berkat 30W VOOC Flash Charge 4.0 yang dibawa Reno4.

Yang juga cukup menarik ialah fitur icon pull down gesture, yang memungkinkan menggunakan Reno4 dengan satu tangan. Ketika menggeser ke arah atas, di bagian tepi kiri atau kanan homescreen, maka ikon aplikasi akan mengecil ke setiap ke sudut sehingga bisa dijangkau ibu jari.

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter