Categories

Gadget

OPPO Enco X Adalah TWS Tercanggih OPPO Hasil Kolaborasinya Bersama Dynaudio

Unggulkan desain akustik yang unik beserta active noise cancellation

Glenn Kaonang - 1 April 2021

Melalui sebuah live stream yang diunggah ke YouTube tadi malam (31/3), OPPO Indonesia secara resmi memperkenalkan TWS terbaru sekaligus tercanggihnya, OPPO Enco X. Tidak main-main, perangkat ini merupakan hasil kolaborasi langsung antara OPPO dan brand audio terkemuka asal Denmark, Dynaudio.

Layaknya perangkat audio high-end, fokus utama Enco X adalah menghadirkan kualitas suara terbaik dalam desain yang premium. Hal ini dicapai lewat implementasi desain coaxial dual-driver yang umumnya hanya bisa kita jumpai pada perangkat-perangkat audio kelas atas. Jadi berbeda dari kebanyakan TWS yang umumnya hanya dibekali satu unit driver saja, Enco X mengemas dua unit driver yang berbeda pada masing-masing earpiece-nya.

Driver yang pertama adalah yang berjenis magnetic balanced membrane dengan diameter 6 mm, bertugas untuk mengatasi suara-suara pada frekuensi tinggi. Di belakangnya, ada dynamic driver sebesar 11 mm dengan tiga lapisan berbahan komposit yang bertanggung jawab untuk mengolah suara pada frekuensi menengah dan rendah. Keduanya diposisikan pada sumbu paralel demi memastikan hasil audio yang alami dan berkualitas tinggi.

Struktur driver yang unik itu bukanlah hasil penemuan secara instan. Selama pengembangan Enco X, OPPO sempat mengeksplorasi 30 jenis material dan 152 komponen yang berbeda, tidak ketinggalan pula 120 modifikasi struktural sebelum akhirnya memutuskan desain akustik finalnya.

Konfigurasi driver yang unik tersebut turut dikawinkan dengan fitur-fitur canggih lain, seperti misalnya teknologi Dynamic Bass Enhancement Engine (DBEE) 3.0 untuk meningkatkan kejernihan suara bass secara signifikan, maupun dukungan Low-Latency High-Definition Audio Codec (LHDC) yang memungkinkan proses streaming audio dalam resolusi yang lebih tinggi melalui Bluetooth (versi 5.2) sehingga range suara yang dihasilkan bisa lebih detail.

Seperti yang sudah bisa kita tebak dari suatu TWS kelas atas, Enco X turut dilengkapi fitur active noise cancellation (ANC) yang dapat diatur intensitasnya sesuai kebutuhan. Transparency Mode pun juga tersedia sehingga pengguna dapat mendengarkan suara di sekitarnya ketika dibutuhkan tanpa harus melepas perangkat dari telinganya.

Semua itu dikemas dalam rangka yang premium dengan bobot hanya 4,8 gram. Ketangguhannya dijamin oleh sertifikasi ketahanan air dan debu IP54, dan perangkat juga mendukung kontrol sentuh pada bagian tangkainya demi memudahkan penggunaan.

Terkait baterainya, Enco X diklaim bisa tahan sampai 5,5 jam pemakaian (tanpa ANC), atau total 25 jam kalau dipadukan bersama charging case-nya. Selain menggunakan kabel USB-C, charging case-nya juga dapat diisi ulang dengan memaanfaatkan Qi wireless charging.

OPPO Enco X

Enco X bisa dibilang merupakan akumulasi inovasi OPPO di bidang audio selama 15 tahun. Hal ini bisa kita lihat dari dua hal. Yang pertama adalah magnetic balanced membrane driver itu tadi, yang sebenarnya merupakan hasil miniaturisasi dari teknologi yang sama yang digunakan pada headphone OPPO PM-1. Kedua, charging case Enco X banyak mengadopsi elemen desain milik MP3 X3, yang tidak lain merupakan salah satu produk audio pertama OPPO dari 15 tahun yang lalu.

Mengenai pemasarannya, OPPO Enco X rencananya akan mulai dijual pada tanggal 7 April dengan harga resmi Rp2.199.000. Sebelumnya, OPPO juga akan menggelar flash sale eksklusif terlebih dulu di Shopee pada tanggal 4 – 6 April dengan promo cashback Rp200.000. Untuk warnanya, Enco X tersedia dalam pilihan warna hitam atau putih.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter