Meski Oppo F7 belum genap setahun, Oppo telah memastikan akan memperkenalkan F9 ke Tanah Air pada tanggal 23 Agustus mendatang. Sejumlah fitur-fiturnya telah terungkap, mari galih lebih dalam.

Dari segi tampilan, desain Oppo F9 ini akan tampil beda dengan F7, dengan ukuran notch lebih minimalis. Oppo menyebutnya water drop full screen yang menawarkan pengalaman visual lebih baik dengan keunggulan layar yang lebih luas.

Oppo-F9-1

Untuk F7 sendiri, sudah dilengkapi dengan beragam pilihan warna menarik ya seperti solar red, diamond black, dan moonlight silver. Di F9 nanti, Oppo membawa warna baru yakni glossy gradient design – ya warna gradasi. Semoga saja build quality-nya lebih premium dengan paduan kaca dan logam.

Sejumlah fitur yang sempat absen pada F7 akan melengkapi F9, sebut saja VOOC Flash Charge. Artinya bagi Anda yang lupa ng-charge smartphone di malam hari tak perlu lagi merasa cemas, bahkan bila baterai benar-benar habis.

Tak masalah charge smartphone sebelum berangkat kerja atau sebelum mulai beraktivitas, begitu Anda selesai dengan persiapan pagi seperti mandi hingga sarapan – dalam waktu 30 menit saja baterai smartphone akan terisi 75 persen bila dari keadaan kosong.

Kemudian teknologi dual-camera, detail spesifikasinya memang belum terungkap. Tapi saya berharap, kamera sekundernya bukan hanya gimmick 2-megapixel saja dan semoga ada sistem peredam getar OIS atau EIS.

Sebagai informasi, F7 masih menggunakan satu buah kamera beresolusi 16-megapixel dan aperture f/1.8. Hasil fotonya tidak mengecewakan dan bisa foto dengan efek bokeh. Tapi, F7 belum mampu merekam video 4K dan semoga saja F9 bisa merekam video 4K pada 60fps.

Soal dapur pacu, sebelumnya F7 dengan SoC MediaTek Helio P60 menawarkan performa yang cukup mumpuni ya. F9 sebagai penerus harus membawa peningkatan, apa lagi Oppo juga menargetkan para pekerja di kota -kota besar. Bagi saya, akan menarik sekali bila Oppo menggunakan chipset dari Qualcomm, seri Snapdragon 660 atau Snapdragon 670 mungkin atau yang lebih gahar lagi Snapdragon 710?

Oppo-F9

Melihat pergerakan Oppo di tahun 2018 ini memang sangat menarik ya, mereka ‘berani keluar dari zona nyaman’. Tak lagi cuma bermain di level menengah, tapi juga atas dengan Find X yang inovatif yang dirilis pada bulan Juli lalu.

Terakhir masalah harga, saya berharap varian standar dengan RAM 4GB dibanderol sama dengan pendahulunya – yakni Rp4 jutaan. Saya tak masalah kalau ada varian RAM 6GB atau 8GB dibanderol lebih mahal. Lalu, F7 sendiri diturunkan harganya.

DailySocial sendiri akan menyiarkan langsung atau live streaming peluncuran Oppo F9 pada tanggal 23 Agustus mendatang di channel media sosial DailySocial – jadi catat tanggalnya ya.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.