23 July 2019

by Lukman Azis

OPPO F9 Kebagian ColorOS 6 Berbasis Android Pie

Ada beberapa model perangkat yang akan mendapatkan open beta ColorOS 6

Versi sistem operasi yang dijalankan oleh smartphone turut menentukan user experience. Pada smartphone OPPO terbaru seperti F11 series dan Reno series, mereka sudah berjalan pada ColorOS 6 yang berbasis Android 9 Pie yang membawa banyak peningkatan dan fitur baru.

Ada kabar baik bagi pengguna smartphone OPPO model lama, OPPO telah mengumumkan ketersediaan ColorOS 6 untuk F9. Antarmuka baru ini bersifat open beta dan berbasiskan Android 9 Pie.

ColorOS 6 hadir dengan berbagai macam fitur kostumisasi baru yang akan mempermudah penggunanya. Selain F9, ada beberapa model perangkat yang dipasarkan di Indonesia akan mendapatkan open beta ColorOS 6, diantaranya F7, F7 Youth, F9, R17 Pro, dan Find X.

ColorOS 6 ini akan mengintegrasikan fitur-fitur yang dibawa oleh Android 9 Pie terutama peningkatan kemampuan AI seperti dukungan terhadap Google Assistant, ARcore, dan Google Lens.

ColorOS 6 ini mengadopsi konsep desain antarmuka minimalis dengan tampilan warna yang terang dengan latar belakang warna putih yang tampil sederhana, memberikan kesan antarmuka ringan, modern, namun tetap elegan.

Pengembangan ColorOS 6 juga hadir dalam sisi fotografi. Antarmuka ini memperkenalkan dua fitur baru dalam sisi fotografi: Dazzle Color Mode dan OPPO Portrait Mode. Dazzle Color Mode memanfaatkan sebuah algoritma untuk melakukan koreksi warna pada tingkatan pixel, melakukan penyesuaian warna dan mengatur tingkat gelap terang pada gambar.

ColorOS 6 memanfaatkan kecerdasan buatan untuk melakukan pengumpulan data foto yang paling banyak dilihat di media sosial secara global untuk kemudian menyediakan lima pilihan efek portrait mode. OPPO melakukan optimalisasi dengan algoritma pengenalan wajah kemudian melakukan penyesuaian warna kulit sesuai dengan permintaan penggunanya.

Pada ColorOS 6, OPPO juga memperkenalkan optimasi game yang dinamakan ‘Game Boost’ yang telah ditingkatkan menjadi versi 2.0 dengan membawa pembaruan pada teknologi ‘Touch Boost’ yang akan meningkatkan respon sentuhan dan ‘Frame Boost’ yang meningkatkan dan melakukan stabilitasi frame rate. Kedua fitur berfungsi meningkatkan performa perangkat sebesar 38%.

Selain itu, OPPO menyematkan fitur ‘Game Space’ yang mendukung berbagai macam fitur baru seperti mode penggunaan daya dan parameter jaringan. Fitur ‘Game Assistant’ hadir sebagai sebuah pintasan dari beberapa fungsi penting termasuk mode ‘do not disturb’.

ColorOS 6 dalam tahap open beta akan tersedia pertama kali pada perangkat F9 pada akhir Juli, kemudian menyusul perangkat flagship Find X pada akhir Agustus dan juga beberapa perangkat OPPO lainnya pada akhir September 2019.