21 April 2020

by Lukman Azis

OPPO Juga Hadirkan Dua Smartphone A Series dan Dua Model Wireless Headphone

Meliputi OPPO A12 dan A92, OPPO A12 dan A92, serta wireless headphone OPPO Enco W31 dan Enco M31

Selain merilis OPPO Reno3 Pro, OPPO juga mengumumkan empat perangkat lain melalui peluncuran digital bertema 'Connect Clearly'. Meliputi smartphone OPPO A series terbaru yaitu OPPO A12 dan A92, serta dua model wireless headphone yakni OPPO Enco W31 dan Enco M31.

OPPO A12

Perangkat ini mengingatkan saya terhadap OPPO A31 yang belum lama ini dirilis. Selisih harganya hanya terpaut Rp100.000 dan keduanya masih berjalan pada ColorOS 6.1 berbasis Android 9.0 Pie dengan baterai 4230 mAh yang tahan lama dan ditenagai chipset Mediatek Helio P35 dengan konfigurasi RAM 4GB dan storage 64GB yang sama.

Perbedaannya terletak pada ukuran layar dan setup kameranya, OPPO A31 mengusung layar 6,5 inci dengan resolusi 720x1600 piksel dalam rasio 20:9 dan punya tiga kamera belakang. Sedangkan, OPPO A12 memiliki layar 6,22 inci tapi dengan resolusi 720x1520 piksel dalam rasio 19:9 dan hanya punya dua kamera belakang.

Pada bagian layar OPPO A12 akan ditemui notch bergaya waterdrop yang mengemas kamera depan 5MP f/2.4 dengan fitur AI Beautification. Sementara, cover belakangnya memiliki pola yang cukup unik - OPPO menyebut desain ini stylist 3D Diamond Blaze.

Untuk kamera belakangnya ada dua unit yang terdiri dari kamera utama 13MP f/2.2 dan kamera portrait 2MP f/2.4 sebagai depth sensor. Proses pengambilan gambarnya sudah dilengkapi Artificial Intelligence (AI), OPPO juga turut menyertakan fitur mode burst, 6x digital zoom, portrait style, dan dazzle color.

"Kehadiran OPPO A12 di pasar ditujukan untuk merangsang konversi pengguna feature phone agar mereka dapat merasakan kecanggihan teknologi ponsel pintar dengan harga yang lebih terjangkau," ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

OPPO A12 dibanderol dengan harga Rp2.499.000, dengan dua pilihan warna hitam dan biru. Sebagai produk yang mengusung konsep technology for everyone, OPPO A12 turut dilengkapi dengan sejumlah fitur-fitur terkini. Sebut saja, sensor fingerprint di bagian belakang, Face Unlock, Soloop Smart Video Editor, Game Boost, Riding Mode, Smart Assistant, Smart Sidebar, dan Dirac.

OPPO A92

OPPO A92 akan hadir di pasaran dalam waktu dekat. Sejumlah keunggulan yang menyertainya antara lain empat kamera belakang dengan konfigurasi 48MP AI Quad Camera, layar NEO Display, dan kehadiran side fingerprint unlock. Smartphone ini juga memiliki desain tipis dan ringan serta harga jual yang menarik. Spesifikasi detail dan harga dari A92 akan disampaikan OPPO dalam acara terpisah.

OPPO Enco W31

OPPO Enco W31 adalah alternatif headphone yang ekonomis yang hadir menggunakan menggunakan transmisi Bluetooth latensi rendah dan kompatibel dengan sebagian besar smartphone. Selain itu, dengan desain in-ear yang ekstra aman, tahan terhadap air dan debu, headphone ini diperkenalkan untuk pengguna yang aktif dan dinamis.

OPPO Enco W31 menggunakan dual composite thermoplastic polyurethanes (TPU) dan diafragma graphene yang dirancang untuk meningkatkan respons frekuensi. Tersedia dua mode audio untuk musik pop dan klasik, mode keseimbangan yang meratakan audio di seluruh rentang frekuensi, dan untuk rock dan EDM perangkat ini memiliki mode bass yang meningkatkan frekuensi rendah.

Selain itu, headphone ini dilengkapi dua mikrofon dengan sensitivitas internal yang tinggi di setiap sisi, serta algoritma pembatalan kebisingan lingkungan yang dirancang untuk memblokir kebisingan latar belakang selama panggilan berlangsung. OPPO Enco W31 tersedia dalam warna putih dan hitam dengan harga Rp999.000.

OPPO Enco M31

OPPO Enco M31 adalah headphone nirkabel dengan tipe neckband yang kedua, Setelah OPPO Enco Q1. Headphone ini diklasifikasikan sebagai produk audio resolusi tinggi.

OPPO Enco M31 merupakan perangkat pertama di kelasnya yang memiliki sertifikasi Hi-Res Wireless, Bluetooth 5.0 dan LDAC yang memungkinkan kecepatan transmisi hingga 990 kbps. Kualitas audio perangkat ini didukung dengan driver dinamis 9,2mm full-range, diafragma komposit titanium PET, dan ruang bass independen. Perangkat ini juga memiliki teknologi algoritma AI untuk mengurangi kebisingan latar belakang selama panggilan.

Neckband OPPO Enco M31 terbuat dari logam yang dilapisi karet silikon cair yang membuatnya terasa ringan dan nyaman ketika digunakan. OPPO Enco M31 tersedia dalam pilihan warna Hitam dan dijual dengan harga Rp599.000.

Kedua produk wireless headphone ini telah tersedia untuk dipesan secara online di Indonesia selama periode 21 - 29 April di e-commerce dengan penawaran cashback sebesar Rp100.000.

"Kedua wireles headphone ini hadir dengan estetika desain dan juga teknologi terbaik yang ditawarkan oleh OPPO untuk penggunanya yang aktif dan dinamis. Kedua perangkat ini juga telah disertai dengan sertifikasi waterproof sehingga tetap nyaman digunakan dalam berbagai keadaan," tutup Aryo Meidianto Aji, PR Manager OPPO Indonesia.