Categories

Gadget

Oppo Juga Sedang Menyiapkan Perangkat Virtual Reality

Yoga Wisesa - 20 October 2014

Bagi kebanyakan orang, virtual reality adalah sebuah istilah revolusioner, merepresentasikan bagaimana hiburan digital diakses di masa depan. Sebenarnya, Sega VR-1 dan Virtuality pernah diperkenalkan di awal tahun 90-an. Sayang keterbatasan hardware saat itu membuat device VR sulit terjangkau oleh konsumen biasa, dan pengembangannya pun terhenti.

Sekitar dua dekade kemudian, virtual reality kembali menjadi sorotan berkat Oculus Rift. Awalnya diusung hanya untuk game, ia mendapatkan respon sangat positif dari developer dan khalayak umum. Kehadiran Oculus meyakinkan produsen lain untuk berpartisipasi dalam lini virtual reality, walau mungkin tak mencoba berkompetisi langsung dengannya. Dan kabarnya, produsen consumer electronics asal China Oppo juga sedang meracik perangkat VR mereka.

Melalui akun Oppo di situs jejaring sosial Weibo, perusahaan asal Guangdong tersebut mengunggah sebuah foto yang menampilkan headset virtual reality. Seperti biasa, device ini dikenakan di depan mata, serta mempunyai penampilan cukup bulky. Bagian tubuhnya didominasi warna hitam (tampaknya bermaterial plastik), dipadu warna hijau khas Oppo di pinggir dan logo di depannya.

 

Info menarik: Bocoran Tampilan Belakang Oppo N3

 

Selain dari itu, Oppo belum memberi penjelasan apapun mengenai perangkat tersebut, termasuk nama. Asumsi saya, sang produsen akan menggunakan teknik penyajian serupa Samsung Gear VR atau Carl Zeiss VR One: dimana headset VR memanfaatkan smartphone sebagai jantungnya, mengkonversi konten app mobile ke virtual reality.

Situs Ubergizmo sendiri berpendapat ada kemungkinan perangkat VR Oppo akan diluncurkan berbarengan dengan Oppo N3 yang telah lama dirumorkan. Sama seperti headset VR Oppo, teaser N3 juga dimunculkan di laman Weibo mereka.

Belum ada informasi soal spesifikasi dan detail teknis. Jika benar harus tersambung ke smartphone, maka ia mampu menjalankan aplikasi berbasis Android. Pertanyaannya, apakah headset VR Oppo mendukung brand smartphone selain buatan mereka, atau setidaknya beberapa model yang bukan tipe high-end? Semoga saja.

Sejauh ini, Carl Zeiss VR One merupakan salah satu perangkat virtual reality paling ekonomis. Para penciptanya tak repot-repot memasukan sensor gyroscope, memakai yang sudah ada dalam handset, sehingga memotong biaya produksi.

Oppo dikabarkan segera mengumumkan smartphone N3 dalam sebuah acara di Singapura pada tanggal 29 Oktober minggu depan. Akankah kita juga menyaksikan pengungkapan device VR Oppo di sana?

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter