Categories

Gadget

OPPO Kembali Gandeng UMKM dengan A95: Untuk Hadiah Natal hingga Bantuan Bencana Alam

Selain untuk hadiah natal, OPPO A95 juga bakal dilelang untuk para korban bencana alam

Dimas Galih W. - 16 December 2021

OPPO merupakan satu-satunya produsen smartphone yang saat ini menggandeng banyak UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) untuk maju bersama. Hal tersebut ditandai dengan kerjasama antara OPPO dengan smartphone A95 dan beberapa UMKM seperti Johnson, Revive Indonesia, serta Gentanala. Hal ini tidak lain adalah usaha OPPO untuk membangkitkan ekonomi mikro yang harapannya dapat membangkitkan gairah perekonomian secara nasional sebelum tutup tahun.

Menjelang akhir tahun, tentu saja kegiatan belanja untuk hadiah Natal dan Tahun Baru. Kali ini, konsumen di Indonesia pun dapat memilih smartphone seperti OPPO A95 yang saat ini ternyata lebih sukses penjualannya dibandingkan dengan OPPO A92 sebesar 143%. Hal tersebut tentu saja berkaitan erat dengan feature serta spesifikasi yang ditawarkan oleh OPPO yang sangat membantu para pelaku UMKM untuk lebih meningkatkan lagi pemasaran produknya.

"OPPO A95 dapat menjadi rekomendasi hadiah Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 kali ini, dengan perangkat ini kita dapat membuat keluarga tetap terhubung satu sama lain, baik melalui panggilan telepon maupun video melalui beberapa aplikasi perpesanan populer. Dukungan melalui fitur kamera depan maupun keberadaan layar resolusi tinggi yang jernih dapat membuat panggilan video lebih bermakna. Selain itu, OPPO juga merekomendasikan produk dari A95 UMKM Partner untuk dapat dijadikan pilihan hadiah di tahun ini," ujar Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia.

Pada pertemuan yang diadakan pada tanggal 15 Desember 2021 bertempat di Nalar Live, brand Johnson, Revive Indonesia, serta Gentanala yang merupakan UMKM asli Indonesia ternyata membuat produk yang terinspirasi dari desain OPPO A95. Hal tersebut seperti sepatu Neutron Series dari Johnson, yang memiliki warna yang ada pada OPPO A95 versi Rainbow Silver serta Starry Black Edition. Johnson menggunakan paduan warna peach, tosca, serta ungu yang cantik dan memang sangat mirip dengan warna pelangi pada OPPO A95.

Selanjutnya, Gentanala juga mengeluarkan dompet dan jam tangan yang juga terinspirasi dari OPPO A95. Hal tersebut seperti dompet Sartono dan jam tangan Saraswati A95 Glowing Rainbow Silver Edirion. Selain itu, Gentanala juga mengeluarkan dompet Sartono dan jam tangan Widodo yang diambil dari OPPO A95 Starry Black Edition.

Namun sayang, produk edisi spesial ini ternyata tidak dijual. OPPO beserta ketiga UMKM yang hadir kali ini hanya akan melakukan lelang terhadap beberapa produk mereka yang bakal langsung diadakan pada setiap halaman Instagram mereka seperti Johnson (@jhonson_Indonesia), Revive (@revive.Indonesia), dan Gentanala (@gentanala). Semua hasil lelang tersebut akan dikumpulkan untuk membantu korban erupsi gunung Semeru.

Produk-produk yang bakal dilelang pada Instagram masing-masing UMKM adalah sebagai berikut

  • OPPO A95 sebanyak 3 buah
  • Johnson Neutron Series
  • Revive Achilles
  • Gentanala Sartono
  • Gentanala Widodo
  • Wheelgear Performance Edition

Masing-masing paket kolaborasi ini akan dilelang melalui akun Instagram dari para partner UMKM mulai 16-24 Desember 2021. Lelang akan dibuka mulai dari Rp. 3.000.000 dan berlaku setiap kelipatan 100 ribu rupiah. Produk lelang nantinya akan dikirim kepada pemenang langsung oleh OPPO Indonesia. Dan produk tersebut nantinya akan dikirim setelah semua kegiatan lelang sudah selesai.

Kriteria UMKM untuk bekerja sama dengan OPPO?

Mendengar dari pengakuan Angeline Attan dari Johnson dan Reza Rahman dari Gentanala, hasil kerjasama dengan OPPO memang membuahkan hasil yang baik. Penjualan produk mereka juga cukup meningkat setelah bekerja sama dengan OPPO dan dengan menggunakan smartphone OPPO A95 sangat membantu dalam pemasarannya. Hal tersebut tentu saja sejalan dengan tujuan OPPO untuk meningkatkan gairah perekonomian Indonesia melalui UMKM. Seperti yang kita ketahui, UMKM sendiri berkontribusi sekitar 60% pada perekonomian nasional.

“Rekomendasi untuk memilih produk UMKM asli Indonesia ini dilakukan OPPO dengan tujuan untuk membangkitkan ekonomi mikro yang harapannya dapat membangkitkan gairah perekonomian secara nasional sebelum tutup tahun,” tambah Aryo.

Lalu bagaimana caranya agar UMKM dapat bekerja sama dengan OPPO? Aryo mengatakan bahwa satu-satunya syarat untuk bisa bekerja sama dengan OPPO hanyalah kemauan saja. Sayangnya, tidak semua UMKM mau dan berani untuk bekerja sama dengan OPPO. OPPO juga sudah memiliki daftar UMKM yang ingin mereka ajak kerjasama dan sudah menghubungi banyak UMKM.

Cukup disayangkan memang, ada beberapa UMKM di Indonesia yang sepertinya tidak ingin berkembang. Entah apakah mereka belum siap atau melimitasi diri mereka sendiri untuk menjadi lebih besar. OPPO sendiri mengajak para UMKM untuk lebih menyadari pentingnya branding dan untuk lebih dikenal di masyarakat. Dan OPPO nantinya akan menjadi fasilitator bagi para UMKM ini untuk bisa lebih dikenal lagi oleh masyarakat di Indonesia.

OPPO juga mengajak konsumen Indonesia untuk mencoba produk dari UMKM Indonesia. Untungnya, Aryo menggunakan sepatu Johnson yang memiliki ukuran yang sama dengan kaki saya, yaitu 45. Saya tertarik untuk mencobanya dan setelah memakainya, ternyata memang pengalamannya tidak kalah dengan sepatu buatan luar negeri. Sol yang empuk dan penutup kaki yang tidak sempit membuat jalan dan berdiri menjadi nyaman.

Yuk jangan takut untuk menggunakan produk buatan dalam negeri. Apalagi saat ini, produk-produk Indonesia sudah digunakan oleh merek-merek terkenal di luar negeri dan terbukti memiliki kualitas yang sangat baik.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter