Categories

Gadget

Optical Zoom 5x Gagal, OPPO Lompat ke Optical Zoom 10x Hybrid

Teknologi ini disebut akan dipamerkan di ajang MWC 2019

Bambang Winarso - 17 January 2019

Sebuah teaser sebelumnya menyebutkan bahwa OPPO berencana untuk memperkenalkan kamera lensa zoom yang istimewa di Beijing, 16 Januari 2019. Terbukti, pabrikan asal Tiongkok itu secara resmi memperkenalkan teknologi kamera dengan 10x optical zoom hibrida yang demonstrasinya dijanjikan bakal dilakukan di ajang MWC 2019, Maret mendatang.

Jika mendengar istilahnya, tentu Anda bisa menebak dengan mudah peruntukan teknologi ini. Ditargetkan menjadi fitur unggulan di kamera smartphone OPPO, teknologi optical zoom 10x hibrida bergaung cukup kuat menutupi kabar optical zoom 5x yang diluncurkan di MWC 2017 tetapi tidak pernah terealisasi. Jadi, optical zoom 10x ini pun belum tentu akan dikomersilkan. Selain itu, perusahaan juga mengumumkan sensor sidik jari di layar baru yang memungkinkan ponsel membaca dua sidik jari secara bersamaan.

Teknologi zoom hibrida sebenarnya bukan teknologi baru. Teknologi ini lahir dari perpaduan antara perangkat lunak dan perangkat keras sehinggga tercapailah rentang zoom yang lebih luas. Konfigurasi perangkat kerasnya terdiri dari modul kamera yang mengemas lensa telefoto dan sekunder yang ditanamkan di dalam dan diposisikan tegak lurus ke sensor utama. Cara kerjanya, ketika kamera diperbesar, prisma mengalihkan cahaya dari lensa utama ke sensor telefoto. Selanjutnya, piranti lunak yang telah diprogram akan mengambil alih dan mengombinasikan informasi yang diperoleh dari lensa.

OPPO-10X-Optical-Zoom-Camera-826x1024

Masih terlalu dini untuk berspekulasi smartphone model apa yang akan mengadopsi teknologi kamera ini. Namun di luar sana berseliweran rumor bahwa F19 dan F19 Pro akan menjadi smartphone beruntung itu.

Meski OPPO sudah mengumumkan dan menceritakan kehebatan teknologi optical zoom 10x hibrida ini, namun sejumlah orang merasa pesimis realisasinya akan terjadi dalam waktu dekat. Gagalnya peluncuran zoom 5x yang lalu sepertinya berdampak besar terhadap persepsi yang diterima oleh publik.

Sumber berita Weibo via FoneArena.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id