Categories

Gadget

OPPO Mungkinkan Pengguna Cicipi Android 11 di Find X2 Pro

Pada versi beta kali ini OPPO akan menampung masukan terkait Android 11 beta

Wiku Baskoro - 23 June 2020

Dengan dirilisnya versi beta untuk Android 11, yang merupakan sistem operasi teranyar besutan Google maka sudah menjadi runutan untuk para pabrikan juga ikut serta dalam program beta ini, tidak ketinggalan OPPO yang menghadirkan versi beta di perangkat OPPO Find X2 dan Find X2 Pro.

Dalam rilis resmi, PR Manager OPPO Indonesia menjelaskan bahwa OPPO merupakan salah satu mitra Google. Dengan tersedia Android 11 untuk versi beta, maka OPPO akan membuka untuk menerima tanggapan atau masukan tentang Android 11 dari para pengguna – dalam hal ini para developer – versi beta OS ini di perangkat OPPO seri Find X. Tentunya lewat antar muka milik OPPO yaitu ColorOS.

OPPO juga menjelaskan bahwa fitur-fitur yang ada di perangkat OPPO selaras dengan pengembangan Android 11 yang akan berfokus pada People, Privacy dan Control. Versi beta ini memang bukan untuk semua orang tetapi lebih ditujukan bagi para developer aplikasi karena masih terdapat bugs dan kekurangan lainnya. Tentunya ini diperlukan untuk memoles Android 11 sebelum resmi di rilis versi final ke pengguna umum.

Seperti yang dikutip dari rilis, berikut beberapa fitur pengembangan yang selaras dengan fitur yang ada di perangkat OPPO dengan ColorOS. Tentu saja sebagai pengguna, saya berharap OPPOakan juga merilis versi beta untuk perangkat segmen menengah mereka agar bisa lebih banyak yang bisa memberikan masukan terkait pengembangan Android 11. Meski penting untuk dicatat, bahwa versi beta ini tidak disarankan untuk pengguna umum karena belum stabil dan lebih ditujukan untuk para pengguna developer (pengembang aplikasi atau perangkat lunak).

People

ColorOS membuat tampilan antarmukanya menjadi lebih people-centric dan ekspresif, yang mana para pengguna dapat melakukan chat di kolom notifikasi secara langsung dan membukanya dalam bentuk bubble. Chat Bubbledapat mempermudah pengguna untuk melihat dan mengakses chat sambil menggunakan aplikasi lain secara bersamaan.

Privacy

Untuk menjaga privasi dan meningkatkan keamanan perangkat dari berbagai permission yang sensitif, pembaruan-pembaruan tersebut menyediakan beberapa jenis pengaturan permission dalam menjalankan aplikasi dan fungsi sistem, yakni: One-time permission; Permissions auto-reset; dan Background location.

Control

Dalam waktu dekat, fitur bawaan stock Android 11 lainnya juga akan tersedia pada versi beta ColorOS berikutnya, seperti sistem Device Control yang memberikan akses dan kontrol terhadap berbagai perangkat pintar dalam satu wadah. 

Scheduled Dark Mode

Memungkinkan untuk membuat jadwal yang berhubungan dengan fitur dark mode di ColorO, termasuk juga menyesuaikan dengan siklus matahari terbit dan terbenam.

Enhanced Privacy Protection

Pembatasan yang lebih solid untuk beberapa fitur yang meminta akses ke ponsel.

Device Control

Memungkinkan terkoneksi dengan perangkat lain langsung dari ColorOS.

Reminder untuk Digital Well-being serta Efficiency

Fitur Digital Well-being diperbaharui sehingga bisa terjadwal. Dan satu lagi adalah fitur yang berhubungan dengan me-reply langsung di notifikasi dan area khusus untuk percakapan. Sebuah fitur yang cukup menarik dari Android 10.

OPPO juga menyebutkan bahwa pembaruan ini akan terintegrasi dengan ColosOS dan memperkaya fitur yang sudah ada. Termasuk juga kustomisasi yang bawaan di Find X2 Pro seperti peningkatan visual dengan HDR Video Enhancement, MEMC (Motion Estimation and Motion Compensation),dan AI Nature Tone Display. Untuk fotografi juga disebutkan akan dioptimalkan dengan emampuan OPPO All Pixel Omni-Directional PDAF, Text Scanner, serta pengambilan video dengan Live HDR Video. Plus OPPO Share juga disebutkan akan jadi lebih mudah.

Tautan lengkap untuk informasi bagi para developer, bisa dilihat di tautan ini.

Koreksi: Ada beberapa perbaikan di artikel tanpa mengubah maksud dari artikel asli. 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter