24 December 2013

by Bambang Winarso

Oppo R1 Resmi Dirilis, Kamera Jernih dan Body Langsing, Sayang Tak Ada Slot MicroSD

Kabar munculnya smartphone terbaru Oppo R1 sudah berhembus sejak awal Desember lalu, munculnya sebuah teaser semakin menguatkan spekulasi yang sudah beredar.

Sederet spesifikasi mentereng menghiasi spekulasi smartphone ini mulai kapasitas RAM yang lebih besar, kamera jernih hingga desain yang lebih mutakhir.

Peredam berbagai rumor yang beredar akhirnya muncul, Oppo secara resmi merilis smartphone terbarunya yang tak lain adalah Oppo R1, daftar spesifikasi disertakan dalam situs resmi mereka, dari sana TRL ketahui beberapa rumor tepat sasaran tapi lebih banyak yang meleset.

 

Info Menarik: Teaser Resmi Oppo Find 7

 

Misalnya di sisi RAM, alih-alih menggunakan RAM 1GB seperti yang dipredisikan oleh banyak orang. Oppo R1 ini menggunakan RAM yang lebih besar yakni 2GB. RAM super lega yang dikantongi Oppo R1 kian gahar dengan dukungan prosesor quad core MediaTek MT6582 yang mampu 'menendang' dengan kecepatan 1.3 GHz. Sayangnya, meskipun ditopang memori internal hingga 16GB, Oppo R1 tidak disertai dengan slot kartu microSD. Padahal fitur ini kerap dijadikan bahan pertimbangan oleh calon pembeli smartphone.

Kemudian di sisi kamera, bocoran yang sempat merebak juga meleset. Kenyataannya, Oppo R1 tidak memiliki kamera depan 8MP melainkan hanya 5MP, kamera belakanglah yang 8MP plus kemampuan baru berupa bukaan kamera F/2.0. Sebagai perbandingan kita bisa ambil kamera di Nokia Lumia 1020 yang punya senjata yang sama namun bukaannya hanya F/2.2. Di dunia fotografi, semakin rendah nilai F maka semakin sedikit cahaya yang masuk ke bagian sensor, dalam artian di atas kertas Oppo R1 punya nilai yang lebih baik dibanding Nokia Lumia 1020.

Ukuran layar sama seperti yang diprediksikan, tapi resolusinya meleset jauh, Oppo R1 ternyata membawa layar IPS dengan resolusi 720 x 1280 piksel atau 294 PPI. Dimensi smartphone buatan Cina ini tergolong tipis hanya 142.7 x 70.4 x 7.1 mm, dan baterai berkapasitas 2,410 mAh.

 

Info Menarik: Aplikasi Android Terpilih 15 – 21 Desember 2013

 

Dan yang tak kalah penting dari semua formasi komponen yang ditawarkan Oppo R1 adalah sistem operasinya yang berjalan dengan Android 4.2.2 - Jelly Bean. Untuk bisa menggondol smartphone ini diperlukan mahar sebesar $410 sebagai gantinya. Ditawarkan unlocked oleh Oppo melalui toko online-nya.

Seperti ini rupa smartphone Oppo R1 seperti yang TRL ambil dari situs resmi Oppo.

 

 

 

Info Menarik: Gadget Paling Diminati Dimasa Liburan

 

Belum diketahui apakah Oppo R1 ini akan mendarat di Indonesia atau tidak, namun dengan prospek cerah yang terpampang di pasar tanah air, kecil kemungkinan Oppo tak tergiur untuk memasukkan Indonesia dalam list target pasar Oppo R1. Pertanyaannya tinggal, kapan Oppo R1 masuk ke Indonesia?

Sumber berita Phonearena dan Oppo.