1. Lifestyle

Resmi Diumumkan, Oppo R9 dan R9 Plus Jiplak "Total" iPhone

Selain tombol home, Oppo R9 dan R9 Plus punya rupa, interface dan tonjolan kamera yang kental akan nuansa iPhone

Sesuai jadwal, kemarin waktu setempat Oppo secara resmi mengungkap flagship teranyarnya, R9 dan R9 Plus. Kedua smartphone ini datang dengan segudang kejutan, tapi yang paling mengejutkan, ia tampil bak iPhone yang dirancang dan dirakit oleh perusahaan Tiongkok, bukan Amerika Serikat yang menjadi negara asalnya iPhone asli. Yap, tak perlu ditutup-tutupi, Oppo R9 dan R9 Plus sangat jelas meniru dan mungkin ditujukan untuk menyaingi iPhone-nya Apple.

Coba perhatikan secara seksama, tampak luar kedua Oppo R9 mempunyai desain keseluruhan, tombol, antena, tonjolan kamera bahkan software dan rupa halaman resminya dibuat sangat mirip dengan gaya iPhone. Kecuali tombol home yang berbentuk oval, bukan bulat seperti kepunyaan iPhone.

Untuk sejenak kita lupakan dulu persoalan jiplak menjiplak itu, mari kita ulas spesifikasi Oppo R9 dan R9 Plus. Apakah dari segi kemampuan, ia juga punya daya gigit sehebat iPhone.

Spesifikasi Oppo R9

Oppo R9 mempunya penampang layar selebar 5.5 inci dengan resolusi 1080 x 1920 piksel. Layar ini dibalut body dengan dimensi 151.8 x 74.3 x 6.6 mm yang menghasilkan bobot seberat 145g. Jeroannya dihuni oleh chipset Helio P10 dari MediaTek yang mempunyai kecepatan clock 2.0 GHz. RAM 4GB disematkan untuk membantu tugas prosesor, kemudian ada memori internal 64GB dan dukungan baterai sebesar 2.850mAh.

Melalui custom interface ColorOS 3.0, Oppo sengaja melakukan polesan yang habis-habisan sehingga interface perangkat jauh dari kesan Android. Melainkan lebih menonjolkan interface iOS. Walhasil, pengguna bakal merasakan pengalaman interface iOS yang sangat kental tapi dalam wujud perangkat Android.

Di sektor kamera, Oppo R9 dibekali komponen sensor 13MP yang diposisikan di belakang dan sensor 16MP di bagian depan. Kamera utamanya ini sudah membawa serta fitur Phase-detection auto-focus yang ditemukan di sejumlah perangkat flagship lainnya.

Spesifikasi Oppo R9 Plus

Selain ukuran dan beberapa komponen, tak ada yang berbeda dari varian tertinggi ini. Oppo R9 Plus punya layar yang sedikit lebih lebar, yakni 6 inci dengan resolusi yang sama, di 1080 x 1920 piksel. Daya gedor R9 Plus dipercayakan pada Snapdragon 652 yang mempunyai kecepatan 1.8 GHz, ditemani RAM 4GB dan memori internal seluas 64GB dan 12GB sebagai opsi lainnya.

Pasokan daya di varian ini jauh lebih besar, 4120mAh dan juga bekal kamera yang lebih baik. Kamera utamanya menggunakan modul sensor 16MP model Sony IMX 298. Resolusi yang sama juga dibenamkan oleh Oppo di bagian kamera depan. Seperti sang adik, varian R9 Plus juga diperkaya fitur Phase-detection auto-focus.

Harga Oppo R9 dan R9 Plus

Kedua perangkat premium ini dijadwalkan mulai menyapa pasar lokal Tiongkok pada 12 April mendatang. Soal harga, seperti sebelumnya, relatif mahal, Oppo R9 dibanderol $430 sementara varian Plus dihargai mulai dari $510 untuk model 64GB.

Sumber berita Oppo.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter
Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again