Categories

Gadget

OPPO Luncurkan Reno 2, Reno 2 Z dan Reno 2 F, Semuanya dengan Empat Kamera Belakang

Seri baru, namun belum ada penerus untuk Reno 10x Zoom

Glenn Kaonang - 29 August 2019

Sepertinya baru beberapa bulan berlalu sejak OPPO membuat gebrakan melalui seri smartphone Reno. Namun ternyata itu tak mencegah mereka tancap gas dan merilis kelanjutannya. Dalam sebuah event di India, OPPO resmi menyingkap seri Reno 2, yang rupanya terdiri dari tiga ponsel yang berbeda: Reno 2, Reno 2 Z dan Reno 2 F.

Kita mulai dari yang paling unggul, yakni Reno 2. Ia merupakan penerus langsung dari Reno standar, bukan Reno 10x Zoom yang masih bertengger di posisi teratas dengan spesifikasi paling mutakhir, termasuk halnya ‘kamera periskop’ yang inovatif. Singkat cerita, untuk sementara ini suksesor Reno 10x Zoom masih belum ada.

Dibandingkan kedua saudaranya, Reno 2 lebih superior berkat penggunaan chipset Qualcomm Snapdragon 730, RAM 8 GB dan storage internal 256 GB. Layarnya merupakan panel Dynamic AMOLED berukuran 6,5 inci, dengan resolusi 2400 x 1080 pixel. Di atas layar tersebut, lagi-lagi kita akan disambut oleh kamera pop-up dengan wujud ala sirip hiu yang khas.

Beralih ke belakang, seri Reno 2 rupanya ikut mengamini tren empat kamera yang sedang naik daun belakangan ini. Lagi-lagi menjadi yang paling andal, konfigurasi empat kamera Reno 2 terdiri dari: kamera utama dengan sensor 48 megapixel (Sony IMX586), kamera telefoto 13 megapixel, kamera wide-angle 8 megapixel, dan sensor monokrom 2 megapixel.

OPPO mengiklankan kemampuan zoom Reno 2 hingga 20x, akan tetapi yang dimaksud ternyata adalah digital zoom. Kendati demikian, Reno 2 turut menawarkan fitur hybrid zoom 5x, yang pada dasarnya jauh lebih viable karena mengandalkan kombinasi hardware dan software.

OPPO Reno 2 Z / OPPO
OPPO Reno 2 Z / OPPO

Empat kamera belakang juga menjadi nilai jual Reno 2 Z dan Reno 2 F, akan tetapi spesifikasinya berbeda dari kepunyaan Reno 2. Di sini konfigurasinya mencakup: kamera utama 48 megapixel (Samsung ISOCELL Bright GM1), kamera wide-angle 8 megapixel, sensor monokrom 2 megapixel, dan kamera 2 megapixel untuk merekam informasi depth.

Seperti yang bisa kita lihat, selain perbedaan sensor 48 megapixel yang digunakan, baik Reno 2 Z maupun 2 F sama-sama tak dilengkapi dengan kamera telefoto. Fitur OIS (Optical Image Stabilization) rupanya juga absen pada Reno 2 Z dan 2 F, dan kedua model ini masih harus berkutat dengan kamera depan tipe pop-up berbentuk tradisional.

OPPO Reno 2 F / OPPO
OPPO Reno 2 F / OPPO

Dari segi spesifikasi, Reno 2 Z mengandalkan chipset MediaTek Helio P90, sedangkan Reno 2 F dengan Helio P70. RAM yang ditawarkan sama-sama berkapasitas 8 GB, namun khusus Reno 2 F, akan ada varian yang lebih terjangkau dengan RAM hanya 6 GB. Untuk storage, Reno 2 Z menawarkan pilihan antara 128 atau 256 GB, sedangkan Reno 2 F cuma 128 GB (tapi ia merupakan satu-satunya yang mengemas slot microSD).

Di sektor layar, Reno 2 Z dan 2 F rupanya identik, sama-sama mengandalkan panel OLED 6,5 inci beresolusi 2340 x 1080 pixel. Dari detail spesifikasi yang bisa dilihat di situs resmi OPPO, panel ini berbeda dari yang digunakan Reno 2; panel milik Reno 2 lebih unggul dalam hal rasio kontras dan tingkat kecerahan maksimum.

Selengkapnya, tiga ponsel ini sama-sama mengemas sensor sidik jari di bawah layar, headphone jack, serta baterai 4.000 mAh yang mendukung teknologi charging VOOC 3.0 via sambungan USB-C.

Di India, OPPO bakal memasarkan Reno 2 dan Reno 2 Z mulai bulan September ini, masing-masing seharga 36.990 rupee (± Rp 7,3 juta) dan 29.990 rupee (Rp 5.9 juta). Reno 2 F di sisi lain masih belum memiliki banderol harga, dan pemasarannya baru akan menyusul di bulan November mendatang.

Sumber: The Verge dan Android Authority.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter