10 March 2020

by Lukman Azis

OPPO Reno3 Segera Hadir di Indonesia, Ini Hasil Bidikan Kameranya

Rencananya OPPO Reno3 akan dirilis pada pertengahan bulan Maret

Dalam waktu dekat, OPPO akan merilis smartphone terbaru dari Reno series; Reno3. Rencananya OPPO akan mengadakan rangkaian acara bertajuk "OPPO Reno3 Experience Tour" dan pembukaan experience tour yang pertama adalah soal kemampuan kameranya.

Ya, berbeda dengan Reno2 yang dari awal mengutamakan fitur videografinya, Reno3 justru kembali fokus pada fitur-fitur fotografi. Meski begitu Aryo Meidianto A, PR Manager OPPO Indonesia memastikan bahwa kemampuan video Reno3 lebih baik dari Reno2.

OPPO juga belum mengungkap detail spesifikasi Reno3 yang akan dipasarkan di Indonesia, namun yang pasti akan ada sejumlah penyesuaian spesifikasi dengan Reno3 versi global. Lalu, meski kembali mengadopsi waterdrop screen, body Reno3 belum dipastikan punya fitur tahan air seperti Find X2 series tapi yang pasti sudah tahan ciptratan air.

Ada tiga booth experience yang disediakan OPPO, untuk mencoba langsung lima fitur utama pada kamera Reno3. Meliputi ultra dark mode, 44MP ultra night selfie, 3cm macro lens, 108MP clear image, ultra wide angle, dan 5x hybrid zoom.

Pertama saya mencoba fitur ultra dark mode dengan kondisi ruangan gelap dan hanya mengandalkan dua lilin saja. Fitur ini akan otomatis aktif dan bekerja paling baik ketika kecerahan cahaya antara 0,3lux-1lux.

Kamera akan menggunakan shutter speed rendah, maka pastikan pegang smartphone dengan stabil dan objeknya juga tidak bergerak. Hasilnya lumayan, meskipun kalau saya lihat dari keseluruhan hasil foto yang diambil, rata-rata fotonya kabur atau tidak fokus dan tak lepas dari noise.

Pindah ke booth experience kedua, saya mencoba fitur ultra wide angle dan 5x hybrid zoom. Lensa ultra-wide pada Reno3 ini menyuguhkan bidang pandang 119,9 derajat, dengan efek distorsi yang minim. Konfigurasi kamera Reno3 membuatnya sanggup memperbesar sebanyak 2x, 5x hybrid zoom, dan hingga 20x digital zoom. Untuk mendapatkan kualitas gambar yang optimal, sebaiknya tidak memperbesar gambar di atas 5x.

Terakhir saya mencoba fitur super macro 3cm dan 108 ultra clear image. Untuk foto macro, jarak minumnya adalah 3 cm dan jepret tidak hanya sekali. Sementara, untuk resolusi 108MP terdapat pada mode foto Pro dan aktifkan mode XHD.

Perlu diketahui, fitur 108MP ultra clear image pada Reno3 menggunakan kamera utama 48MP. Jadi, OPPO menggunakan sistem image stitching atau menggabungkan beberapa foto menjadi satu foto.