Categories

Gadget

Oppo Resmi Luncurkan Perusahaan di Indonesia, Perkenalkan Oppo Find 5 (+ Foto)

wiku - 19 April 2013

Hari Rabu kemarin, bertempat di salah satu Hotel di Jakarta, Oppo, perusahaan asal Cina meresmikan kehadiran mereka di Indonesia dan memperkenalkan 3 smartphone yang akan masuk ke Indonesia termasuk perangkat terbaru mereka Oppo Find 5.

Oppo Indonesia sendiri yang baru didirikan beberapa bulan ini akan memegang kendali atas rantai suplai dari perangkat Oppo mulai dari keluar dari pabrikan sampai dengan pembelian di tangan konsumen. Oppo sendiri telah lebih dulu dikenal sebagai perusahaan pembuat perangkat Blu-ray dan memulai kiprahnya di pasar ponsel tahun 2008 lalu.

Sambil meresmikan PT Oppo Indonesia Electronics, Oppo pun memperkenalkan perangkat teranyar mereka yang menjadi produk unggulannya yaitu Oppo Find 5.

Oppo Find 5 adalah ponsel andalan yang dilengkapi dengan prosesor berinti empat Qualcomm Snapdragon, Full HD 1080p dengan layar 5 inci menggunakan teknologi OGS (One-Glass Solution) dan kerapatan piksel 441 ppi. Sistem operasi yang disematkan di Find 5 adalah Android 4.1 (Jelly Bean) dengan penyimpanan internal 16 GB dan 2GB RAM.

Kamera belakang Find 5 adalah 13 megapixel dan kamera depan 1.9 megapiksel. Ponsel ini mampu merekam video dengan full HD dan perekaman 120 frame per detik.

Mencoba beberapa saat kemarin pada peluncurannya, saya mendapatkan pengalaman bahwa grip atas body ponsel ini lumayan enak digenggam. Ponsel berwarna putih dengan berat 165g ini memiliki layar 5 inci, cukup lebar memang namun dilengkapi dengan kualitas display yang bisa membuat nyaman dalam menggunakannya, baik untuk mengakses aplikasi atau menjelajah web.

Sayangnya saya tidak bisa mencoba cukup lama perangkat kemarin, termasuk untuk foto, meski hasilnya cukup baik namun, saya hanya mencoba di ruangan indoor (low light) dan tidak bisa mencoba untuk kamera outdor. Untuk suara, Find 5 menyediakan speaker di bagian belakang bukan bagian bawah, saya sendiri lebih menyukai speaker yang berada di bagian bawah. Kualitas suara meski cukup nyaring tidak bisa dinilai dalam acara kemarin, karena cukup bising oleh suara lain. Namun di atas kertas, spesifikasinya adalah Dirac HD Sound dan Dolby Sound, yang tentunya cukup mempuni.

Perpindahan aplikasi serta menjelajah web terasa cukup cepat. Mencoba akses internet dengan wifi kemampuan perangkat ini pun bisa diandalkan, meski saya belum sempat menjelajah video atau streaming video via web.

Find 5 pun dilengkapi dengan fasilitas NFC, beberapa informasi yang dijelaskan kemarin antara lain untuk bertukar file, serta ada pula fasilitas atas tag tertentu yang memungkinkan model sleep ketika di-tap ke ponsel. Wifi display juga tersedua memudahkan streaming konten dari ponsel ke TV, Oppo bahkan membuat asesoris F-box untuk TV yang tidak dilengkapi wifi.

Find 5 akan dijual 5.499.000 di pasar Indonesia. Menurut perbincangan TRL dengan salah satu staf merketing Jawa Barat, akan ada event pameran untuk menyambut ketersediaan perangkat ini di Jakarta, Bandung, Makasar, Surabaya dan kota lain. Untuk di Bandung pameran akan dilaksanakan di BEC - lantai foudcourt (jika tidak ada perubahan).

Oppo Find 5 ini menjadi pilihan yang cukup menarik dari sisi harga dan spesifikasinya, terutama jika ingin coba dibandingkan dengan smartphone high end seperti S3 atau S4 atau HTC One, Xperia L. Salah satu persoalan bisa jadi adalan branding ponsel ini yang masih cukup baru yang bisa jadi belum dikenal oleh konsumen, update sistem operasi ke depannya serta pelayanan purna jual.

Namun sepertinya Oppo tidak main-main di Indonesia, terbukti dengan secara cepat mereka mendirikan cabang operasional selain di Jakarta (setidaknya sudah ada di Bandung) serta usaha yang dikatakan akan dilakukan untuk membangun dan memperkenalkan merek mereka.

Menarik untuk terus melihat perkembangan Oppo di Indonesia, apalagi selain Find 5 mereka pun merilis dua ponsel lagi untuk pasar menengah yaitu Find Way dan Find Piano, yang dikabarkan akan dijual 3.2 juta serta 2.5 juta.

Berikut beberapa foto dari perangkat Oppo Find 5 serta video via Vine (klik untuk play).

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter