Categories

Gadget

OPPO Resmi Umumkan Dua Smartphone Jagoan Baru, OPPO N3 dan OPPO R5

Bambang Winarso - 30 October 2014

Vendor perangkat, OPPO baru saja mengumumkan kehadiran dua punggawa barunya di ranah smartphone. Mereka adalah OPPO N3 dan OPPO R5.

Bertempat di Singapura, OPPO N3 dan OPPO R5 menjadi sajian utama yang memang sudah ditunggu-tunggu oleh media dan publik. Rumor terkait perangkat ini pun sudah membanjiri berbagai media online.

Kedua smartphone mempunyai ciri yang berbeda, dan tampaknya diperuntukkan bagi konsumen yang punya orientasi berbeda pula. OPPO N3 menonjolkan sisi kemampuan kameranya yang unik dan sudah memperoleh sejumlah peningkatan ketimbang seri terdahulu. Sementara OPPO R5 menawarkan kelebihan dari sisi desain, varian ini cocok untuk konsumen yang mengedepankan gaya. Kita coba ulas sedikit spesifikasi OPPO N3 dan OPPO R5.

OPPO N3, Kamera 16MP Dengan Kemampuan Motorik Pertama

Seperti yang sudah kita singgung di atas, smartphone OPPO N3 mempunyai ciri khas pada bagian kamera 16MP-nya yang dapat berputar hingga 206 derajat. Tapi di varian ini ada sesuatu yang berbeda dibanding pendahulunya. Yaitu kemampuan motorik pada rotator kamera sehingga untuk memutar atau mengarahkan kamera Anda hanya perlu menekan tombol Touch Access atau gesture di layar dengan satu tangan dan kamera akan berputar secara otomatis ke arah yang Anda inginkan.

 

 

Info Menarik: Twitter Resmi Umumkan Rick Mulia Sebagai Business Head untuk Indonesia

 

 

Tak hanya itu, OPPO juga menyertakan tambahan berupa perangkat O-Click 2.0 Bluetooth Remote Control yang nantinya jadi item tambahan dalam kotak kemasan.

Di luar itu, OPPO N3 juga mempunyai banyak hal-hal baru yang membedakan varian ini dengan pendahulunya. Beberapa mungkin mengalami degradasi misalnya alih-alih tetap menggunakan layar 5,9 inci seperti yang dimiliki oleh OPPO N1, OPPO justru memilih layar 5,5 inci untuk seri terbaru ini. Kemudian komponen baterai juga turun jadi 3000mAh.

Meski begitu, OPPO N3 punya resolusi dan kepadatan piksel yang lebih baik yakni 1,920 x 1,080 piksel dan 423 ppi. Peningkatan signifikan juga terlihat di komponen prosesor dimana OPPO memilih Snapdragon 801 dengan kemampuan genjotan 2.3GHz ditambah RAM 2GB dan grafis Adreno 330. Memori internal yang dibawa berkapasitas 32GB. Kemudian khusus untuk komponen baterai, OPPO menyematkan kemampuan pengisian ulang super cepat VOOC yang mampu mengisi 75% tenaga hanya dalam waktu 30 menit.

 

 

Info Menarik: [Review] Nokia Lumia 930

 

 

Perangkat masih terpaku pada Android 4.4 KitKat dan Color OS 2.0, menariknya OPPO N3 juga diperkaya dengan fitur pemindai sidik jari Touch Access yang fungsinya nyaris serupa dengan fitur Touch ID di iPhone 5s, iPhone 6 atau Galaxy S5-nya Samsung.

Spesifikasi Lengkap OPPO N3

 

OPPO R5, Smartphone Tipis Hanya 4,85mm

Berbeda dengan varian N3, OPPO R5 menonjol karena mempunyai rancangan yang bergaya, terlihat lebih mewah dan yang paling ketara adalah ketebalannya yang hanya 4,85mm. Menjadikan OPPO R5 sebagai salah satu smartphone tertipis di dunia.

Konsukuensinya perangkat ini tidak memiliki jack headphone 3,5 mm yang umum digunakan oleh smartphone dengan ketebalan standar. Tapi OPPO tampaknya sudah memikirkan kelemahan ini dengan menambahkan adaptor micro USB ke jack 3,5 mm sebagai solusi cerdas.

 

 

Info Menarik: Seperti Ini Cara Menonaktifkan Akun Facebook

 

 

Di bagian dalam terdapat prosesor octa core Qualcomm Snapdragon 615 yang mampu berlari dengan kecepatan 1,5GHz, kemudian terdapat pula dukungan grafis dari GPU Adreno 330. RAM masih sama dengan varian OPPO N3 sebesar 2GB dengan memori separuhnya 16GB.

OPPO R5 membawa layar AMOLED full HD berukuran 5,5 inci dengan kepadatan piksel 423ppi dan kedalaman warna hingga 16 juta. Meski tak dirancang dengan kamera khusus, OPPO R5 tetap punya bekal kamera nan apik. Terbukti perangkat ini masih didukung teknologi Sony Exmor IMX214 beresolusi 13MP. Kemudian di bagian depan juga ada kamera 83 derajat dengan resolusi 5MP . Kedua kamera sama-sama mendapatkan fitur LED flash. Sayangnya baterai yang dibawa hanya berkapasitas 2000mAh.

Perangkat ini juga menggunakan Android 4.4 KitKat dan ColorOS 2.0 serta dukungan teknologi VOOC layaknya OPPO N3. Selebihnya OPPO R5 membawa fitur koneksi seperti WiFi, Bluetooth, NFC, USB OTG, GPS, FDD LTT dan TD LTE.

Spesifikasi Lengkap OPPO R5

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Harga dan Ketersediaan

OPPO N3 diperkirakan meluncur ke pasaran pada bulan Desember tahun ini dengan banderol mulai $649 atau sekitar Rp 7,9 juta. Sementara OPPO R5 dibanderol mulai $449 atau sekitar Rp 6 jutaan. Meskipun hampir pasti masuk ke Indonesia, namun belum ada bocoran kapan waktunya.

Sumber berita OPPO 1, 2 dan GSMArena

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter