31 May 2021

by Lukman Azis

OPPO Store Diresmikan, Aplikasi Belanja Online dengan Konsep Smart One-stop-shopping Solution

Lewat OPPO Store, OPPO masuk ke industri e-commerce

OPPO telah memperkenalkan kembali toko online-nya di Indonesia, dengan nama OPPO Official Online Store atau disingkat OPPO Store (sebelumnya bernama HeyTap Store). Apa itu OPPO Store dan apa bedanya dengan layanan OPPO Official Store yang sudah ada?

OPPO Store merupakan toko online resmi yang dihadirkan untuk memasarkan produk-produk OPPO, serta berbagai pilihan aksesoris dan perangkat cerdas dari merek ternama lainnya yang telah terseleksi kualitasnya dan direkomendasikan kepada pengguna untuk mendukung gaya hidup masa kini, toko ini akan menghadirkan sebuah konsep smart one-stop-shopping solution untuk pengguna OPPO,” tutur Aryo Meidianto A. PR Manager OPPO Indonesia.

Jadi, OPPO Store yang mengusung tagline “The Smarter Way to Shop” ini adalah aplikasi belanja online yang juga dapat diakses lewat website OPPO Store. OPPO Store menjadi aplikasi bawaan di smartphone OPPO, tetapi juga dapat diunduh oleh pengguna smartphone non-OPPO lewat Play Store. Sementara, OPPO Official Store merupakan toko online resmi OPPO yang ada di e-commerce.

Indonesia terpilih menjadi salah satu negara pertama di kawasan Asia Tenggara untuk peluncuran perdana OPPO Store sekaligus membuka pintu bagi OPPO untuk masuk ke industri e-commerce,” tambah Aryo.

Lalu, apa yang melatarbelakangi pengembangan OPPO Store? Berdasarkan data dari wearesocial.com, Indonesia merupakan negara yang menempati posisi ke 4 untuk pengguna internet terbesar di dunia dengan pangsa pasar mencapai 73% di tahun 2020 dan semakin meningkat setiap tahunnya.

Penelitian menemukan data bahwa rata-rata masyarakat Indonesia menghabiskan waktunya selama 4,3 jam/hari untuk menggunakan smartphone. Data tersebut mendorong OPPO untuk memperkuat pemasaran produknya melalui online. Pandemi Covid-19 yang terjadi mulai tahun 2020 turut dan mempercepat perubahan perilaku konsumen untuk berbelanja melalui platform online.

OPPO menemukan bahwa smartphone merupakan salah satu produk yang paling dicari oleh konsumen selama pandemi berlangsung untuk mendukung kebutuhan kerja dan sekolah yang dilakukan dari rumah. Bahkan, 10% dari hasil penjualan produk OPPO pada tahun 2020 berasal dari e-commerce.

OPPO Store ini tidak hanya menjual produk bermerek OPPO saja. Selain tersedia smartphone OPPO dan perangkat digital lain seperti OPPO Watch, OPPO Band dan Enco Series, OPPO Store juga menyediakan perangkat-perangkat dari merek ternama seperti OASE, Olike, Anker, Baseus, JOYSEUS, dan Uneed.

Lalu, apa keunggulan yang ditawarkan oleh OPPO Store? Selain pastinya menjual produk orisinal dan resmi OPPO, juga tersedia layanan khusus untuk smartphone OPPO berupa trade-in service, harga terbaik sesuai di pasaran, pilihan berbagai macam perangkat pintar eksklusif, dan layanan gratis ongkos kirim untuk pesanan diatas Rp500.000.

Di masa mendatang, OPPO akan menyediakan perpanjangan garansi untuk produk-produk yang dibeli lewat OPPO Store. OPPO juga mempermudah transaksi melalui cicilan 0%, transfer bank atau bayar di tempat atau Cash on Delivery (COD).

Selain menjadi hari peresmian OPPO Store, hari ini juga sekaligus menjadi hari ulang tahun OPPO Store di Indonesia, berbagai macam promosi diberikan kepada konsumen yang berlangsung pada 31 Mei 2021 mulai pukul 00:00. Seperti, potongan voucher hingga Rp10.000, Mystery Box, dan berbagai flash sale yang diadakan di jam tertentu.

Promo Mystery Box akan dimulai pada 31 Mei 2021 mulai pukul 08.00-21.00 WIB dan 1 Juni 2021 mulai pukul 13.00-14.00 WIB dan 21.00-22.00 WIB. Untuk mengikuti promo Mystery Box ini, konsumen cukup membayar Rp39.000/box untuk bisa berkesempatan mendapatkan produk-produk elektronik dengan kualitas terbaik dan bernilai lebih dari Rp39.000 yang sudah disediakan oleh OPPO Store. Proses pengiriman produk Mystery Box ini akan memakan waktu 2-8 hari kerja.

Selain itu, hari ini OPPO Store juga mengadakan flash sale tebus murah Rp1.000 untuk OPPO A12 yang akan berlangsung pada 31 Mei 2021 mulai pukul 13.00 WIB. Penawaran ini terbatas hanya satu pesanan per pengguna. OPPO juga menggelar promo Super Flash Sale dengan diskon hingga 83% yang akan dibagi dalam tiga putaran, yaitu mulai pukul: 00.00-10.00, 10.00-20.00, dan 20.00-24.00 WIB. Selama periode putaran, tersedia banyak produk berbeda yang ditawarkan ke konsumen.

Selain itu, OPPO pada hari ini juga meluncurkan program OPPO Day untuk memberikan nilai tambah kepada pengguna sekaligus untuk meningkatkan penjualan produk di toko online resmi OPPO yang ada di e-commerce di Indonesia. Program ini berupa pemberian diskon harga spesial setiap hari Rabu di situs e-dagang Akulaku, Blibli, JD.ID, Lazada, Shopee, dan Tokopedia.

OPPO Day menjadi salah satu bentuk apresiasi OPPO Indonesia kepada konsumen setia dan O-Fans dengan memberikan banyak penawaran menarik dan harga spesial terhadap produk-produk OPPO sehingga meningkatkan antusiasme dan lebih mengenal jaringan penjualan toko resmi OPPO di situs e-dagang Indonesia,” tutur Aryo Meidianto A. PR Manager OPPO Indonesia.

Progam OPPO Day dimulai perdana pada Rabu, 2 Juni 2021 secara serentak di enam e-commerce dengan berbagai aktivitas di antaranya:

  • Followers Giveaway: OPPO akan membagikan hadiah khusus untuk para follower yang beruntung di OPPO Official Store, dengan catatan target jumlah penambahan follower tercapai saat menggelar OPPO Day.
  • Free Gift: Apabila konsumen melakukan pembelian OPPO A11K pada hari Rabu (OPPO Day) maka akan mendapatkan hadiah gratis berupa true wireless earphone headset TW01.
  • Diskon 30%: Konsumen berkesempatan untuk memperoleh diskon hingga 30% untuk produk terpilih pada setiap hari Rabu (OPPO Day) pukul 10.00 WIB, 18.00 WIB dan 20.00 WIB.

Melalui kegiatan menarik dan harga spesial yang ditawarkan di program OPPO Day ini, OPPO berharap juga bisa menjaring calon konsumen potensial melalui marketplace OPPO Official Store yang tersebar di berbagai situs e-commerce terkemuka di Indonesia.