22 August 2019

by Lukman Azis

Manjakan Penggunanya, OPPO Umumkan Aplikasi OPPO Service

Melalui OPPO Service, Anda mendapatkan kemudahan bagi yang ingin melakukan perbaikan di OPPO Service Center

Sebagai barang elektronik, smartphone yang kita gunakan sehari-hari tentu bisa saja mengalami kerusakan. Penyebabnya beragam, bisa jadi karena keteledoran penggunanya seperti tak sengaja menjatuhkan, atau penyebab lain seperti error pada sistem dan kerusakan komponen tertentu.

Dulu saya pernah mengalami ribetnya proses klaim garansi smartphone, saya harus datang ke lokasi service center, antrinya lama, dan spare part-nya kadang belum tentu tersedia sehingga proses perbaikannya bisa sampai berminggu-minggu. Itu memang cerita lampau, karena sekarang layanan purna jual smartphone sudah jauh lebih baik.

Sebut saja OPPO, setelah berhasil menyalip Samsung dan menjadi pemimpin pasar smartphone di Indonesia - salah satu strategi OPPO untuk menjaganya ialah dengan meningkatkan layanan purna jual. Mereka baru saja meluncurkan aplikasi yang disebut OPPO Service dan sejumlah program pelayanan terbaru.

Sebagai informasi, posisi OPPO sebagai penguasa pasar smartphone di Indonesia ialah berdasarkan laporan dari Canalys. Di mana pada kuartal kedua tahun 2019 ini OPPO tercatat mendominasi 26 persen pangsa pasar, sementara Samsung menguasai 24 persen. Meski begitu, laporan dari riset Counterpoint masih menunjukkan Samsung di urutan pertama.

Layanan di Aplikasi OPPO Service

Saat ini OPPO telah memiliki 117 cabang service center di Indonesia dan dikelola langsung oleh OPPO tanpa adanya pihak ketiga. Melalui aplikasi ini, OPPO berupaya memberikan kemudahan bagi konsumen yang ingin melakukan perbaikan di OPPO Service Center.

Dari mulai informasi mengenai lokasi service center, mengecek status garansi, status perbaikan, layanan prioritas yang memungkinkan konsumen melakukan pendaftaran antrian secara online, layanan antar jemput, diagnosa kerusakan, hingga harga spare part. Jadi perhitungan biaya yang ditanggung oleh konsumen lebih transparan, bila ada kerusakan yang tidak tercover oleh garansi atau sudah lewat masa garansi.

Bagi konsumen yang membutuhkan bantuan juga tersedia fitur percakapan, live chat dengan customer service. Anda juga bisa mendapatkan update berita terbaru seputar produk OPPO. Saat ini, aplikasi OPPO Service dapat digunakan pada OPPO A71, A71 2018, A3s, A5s, F5, F7, F9, F11, F11 Pro, R17 Pro, Find X, dan OPPO Reno series.

Program Layanan Purna Jual Baru

Selain aplikasi OPPO Service, ada dua hal penting lagi yang diumumkan oleh OPPO. Pertama ialah program layanan premium garansi internasional khusus untuk perangkat Reno 10x Zoom, Reno FC Barcelona Edition, dan Reno 10x Zoom Artist Edition.

"Kami menyadari, saat ini banyak orang yang bekerja, berpergian, dan belajar di luar negeri. Untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada pelanggan kami yang berada di luar negeri, OPPO meluncurkan layanan garansi internasional." Ujar Aryo Meidianto A., PR Manager OPPO Indonesia.

Misalnya apabila perangkat Reno 10x Zoom Anda mengalami masalah saat sedang bepergian ke luar negeri, Anda tetap memiliki akses untuk layanan perbaikan dan garansi yang sama di pusat layanan resmi OPPO di negara-negara di mana perangkat tersebut dijual secara resmi.

Perlu dicatat, layanan ini hanya berlaku untuk perangkat yang dibeli dari OPPO Store resmi atau toko yang bekerja sama dengan OPPO. Selain itu, tetap akan ada biaya tambahan untuk layanan yang tidak tercakup oleh garansi. Ada pun di Asia Tenggara, layanan premium ini berlaku di Indonesia, Vietnam, Filipina, Malaysia, dan Thailand.

Program pelayanan baru OPPO yang kedua adalah 'one hour flash fix’ untuk seluruh pengguna smartphone OPPO, di mana proses perbaikan bisa diselesaikan hanya dalam waktu satu jam saja. Bila ternyata tidak bisa selesai dalam satu jam, pengguna berkesempatan mendapatkan hadiah kejutan yang bisa berupa aksesori seperti earphone, pengisi daya USB, jam alarm, pena, dan banyak lagi.