Categories

Gadget

OPPO Siap Luncurkan Smartphone dengan Kamera Depan di Balik Layar dalam Waktu Dekat

Tanpa notch, tanpa pop-up, tanpa mekanisme rotating camera

Glenn Kaonang - 27 June 2019

Awalnya terkesan asing dan aneh, notch pada layar sekarang sudah menjadi pemandangan yang biasa di mata para pengguna smartphone. Suka atau tidak, notch merupakan salah satu kompromi terbaik yang bisa diambil guna memaksimalkan luas penampang layar. Saya bilang salah satu karena belakangan juga bermunculan alternatif lain yang tak kalah menarik.

Contohnya adalah kamera depan pop-up macam yang ditawarkan OnePlus 7 Pro, atau mekanisme rotating camera seperti milik Asus ZenFone 6. Semua itu menarik tapi tetap kurang ideal. Yang paling ideal adalah ketika kamera depan bisa disembunyikan di balik layar, sehingga kompromi-kompromi seperti notch atau kamera pop-up itu sudah tidak diperlukan lagi.

Sejauh ini, yang terbukti sudah bisa disembunyikan di balik layar adalah sensor sidik jari. Menyembunyikan kamera jelas lebih sulit, sebab tentu saja kameranya tidak boleh tertutupi agar dapat berfungsi dengan baik. Sulit bukan berarti mustahil, dan itulah yang hendak dibuktikan oleh OPPO.

Oppo Under-screen Camera

Di event MWC Shanghai 2019, OPPO menyingkap inovasi terbarunya yang mereka juluki dengan istilah Under-screen Camera (USC). Sesuai namanya, dan seperti yang bisa kita lihat dari gambar render-nya, OPPO berhasil menyematkan modul kamera depan di balik layar, dan kamera itu pun masih dapat berfungsi seperti biasanya.

Dijelaskan bahwa OPPO memanfaatkan material transparan sekaligus merancang ulang struktur pixel dengan tujuan supaya cahaya bisa menembus masuk ke sensor kamera. Berhubung kameranya tak lagi membutuhkan ‘rumah’ alias notch atau bezel, OPPO pun dapat menanamkan sensor yang berukuran lebih besar dari biasanya, tidak ketinggalan pula lensa dengan aperture yang lebih besar.

Bagian layar yang di baliknya terdapat kamera ini masih bisa dikontrol dengan sentuhan seperti biasa, dan OPPO pun mengklaim kualitas display-nya juga tidak terpengaruh. Berhubung ini baru versi awal, tentu saja selalu ada kekurangan, dan di sini kekurangannya adalah area layar yang dihuni oleh kamera itu terkadang bisa tampak ketika dilihat dari sudut tertentu.

Oppo Under-screen Camera

Lalu bagaimana dengan kualitas kameranya sendiri? Apakah kehadiran layar di depannya bakal mempengaruhi kualitas gambar yang dihasilkan? Ya, tentu saja ada risiko terjadinya problem seperti haze, glare maupun color cast, namun OPPO sudah mengantisipasinya dengan mengembangkan algoritma khusus agar kameranya dapat bekerja secara lebih optimal menyesuaikan dengan kondisi-kondisi ini, sehingga pada akhirnya kualitasnya bisa disetarakan kamera depan milik ponsel lain.

Namun pertanyaan yang terpenting adalah kapan konsumen bisa menikmati inovasi terbaru ini? Dalam waktu dekat kalau menurut OPPO . Apakah ini berarti OPPO bakal merilis model baru dari seri Find dalam waktu dekat? Bisa jadi, mengingat seri tersebut memang kerap digunakan untuk mendemonstrasikan terobosan-terobosan terbaru yang masih jauh dari kata mainstream, seperti ketika OPPO Find X baru dirilis.

Sumber: The Verge.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter