Langkah Optimalisasi Biaya Saat Pasang Iklan Google Ads

Langkah Optimalisasi Biaya Saat Pasang Iklan Google Ads

Mulai dari penggunaan keyword hingga memanfaatkan program reward 5%
Langkah Optimalisasi Biaya Saat Pasang Iklan Google Ads
Langkah Optimalisasi Biaya Saat Pasang Iklan Google Ads

Salah satu langkah pemasaran digital yang paling populer saat ini adalah Google Ads, atau yang sebelumnya kita kenal sebagai Google AdWords. Memasarkan produk lewat Google Ads memberikan dampak yang luar biasa bagi sebuah bisnis. Sebab, Google merupakan mesin pencari utama yang digunakan oleh hampir semua pengguna internet di dunia. Sehingga peluang untuk iklan dapat dilihat juga semakin tinggi.

Namun, efisiensi biaya juga merupakan sangat penting dalam sebuah kegiatan bisnis, termasuk di antaranya kegiatan pemasaran digital menggunakan Google Ads. Dengan biaya yang tersedia, kita sebaiknya dapat mengatur strategi agar campaign atau iklan yang kita pasang dapat menjangkau audiens yang tepat dan potensial, seperti yang kita harapkan. Berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mengoptimalkan biaya dalam menggunakan layanan Google Ads.

1. Gunakan Broad Match Keyword yang Tepat

Baik dalam Search Engine Optimization (SEO) maupun Search Engine Marketing (SEM), keyword alias kata kunci merupakan elemen utama dan terpenting. Penggunaan keyword yang tepat dapat meningkatkan peluang campaign kita dapat dilihat oleh audiens yang tepat.

Karena cakupan audiens yang sangat luas, Google memberikan fitur berupa keyword matching options. Opsi ini memungkinkan kita untuk menentukan kapan iklan kita muncul. Apakah saat seseorang melakukan pencarian dengan kombinasi kata kunci yang spesifik, atau dengan keyword yang lebih umum.

Salah satu tipe keyword match yang paling umum digunakan dalam Google Ads adalah broad match. Dalam pengertiannya, broad match keyword berisi semua kata, yang mungkin dalam urutan apa pun, dan dapat pula menyertakan kata lain. Tipe keyword ini dapat membuat iklan muncul pada query yang serupa, termasuk juga ketika terdapat sinonim, bahkan jika ada typo atau query lain yang dianggap masih relevan.

Tentukan broad match keyword yang tepat dengan produk dan brand yang dipasarkan, tambahkan beberapa kata yang masih berkaitan, namun tidak terlalu jauh hubungannya dengan kata kunci utama. Hal ini dapat membuat biaya yang kita keluarkan menjadi lebih efisien, karena iklan tidak akan muncul kepada audiens yang tidak sesuai dengan target pasar kita.

2. Sesuaikan Pengaturan Campaign dengan Target Pasar

Sebelum memulai kegiatan marketing apapun, termasuk membuat campaign di Google Ads, hal yang perlu dilakukan adalah mempelajari dan menentukan target pasar yang sesuai dengan produk atau brand yang kita pasarkan. Setelah mengetahui siapa target pasar kita, maka kita dapat menyesuaikan pengaturan target audiens yang kita inginkan dalam Google Ads.

Beberapa faktor yang dapat kita sesuaikan antara lain adalah lokasi, waktu, dan alat atau device yang digunakan. Dengan mengetahui terlebih dahulu target pasar, maka kita akan lebih mudah menyesuaikan ketiga hal tersebut. Misalnya, jika bisnis yang dipasarkan adalah tempat bermain anak, kemungkinan target pasar umumnya adalah para ibu muda. Kita dapat mengatur penargetan lokasi geografis dalam kota yang sama atau dekat dengan tempat bisnis kita, sebab peluang untuk pengunjung datang dari kota lain yang jauh mungkin akan kecil.

Sesuaikan juga waktu iklan muncul, misalnya hindari waktu pagi hari ketika para ibu sibuk memasak untuk sarapan atau mengantar anak sekolah. Selain itu sesuaikan juga alat yang digunakan untuk melakukan pencarian, misalnya jika para ibu lebih banyak menggunakan smartphone, maka perlu ditambahkan opsi mobile device dalam campaign kita.

3. Manfaatkan Program Reward 5%

Saat ini, pengguna Google Ads ternyata dapat memperoleh reward sebesar 5% dari seluruh dana yang dibelanjakan untuk beriklan. Hal ini tentu sangat bermanfaat bagi para pengguna Google Ads, terutama agensi periklanan dan freelancer yang mengelola iklan bagi klien. Pemberian reward ini merupakan program afiliasi partner dari PromoNavi Agency.

PromoNavi Agency merupakan tools unik untuk pengguna Google Ads yang dapat digunakan secara gratis. Terdapat berbagai fitur unik dalam tools ini, antara lain fitur Keyword Planner, Competitor Ads, Ads Generator, Combine Keyword List, dan Related Searches. Fitur-fitur tersebut sangat membantu bagi pengguna Google Ads dalam menulis dan membuat teks iklan hingga melakukan penargetan keyword yang tepat. Menariknya, pengguna tools ini juga akan mendapatkan reward sebesar 5% dari total pembelanjaan yang dikeluarkan untuk Google Ads.

Pemberian reward sebesar 5% ini merupakan program yang dihadirkan PromoNavi Agency sebagai Google Premier Partner bagi para penggunanya. Untuk dapat mengikuti program ini, pengguna harus menghubungkan akun Google Ads yang dikelola ke PromoNavi Agency. Akun yang dikoneksikan tidak akan mengalami perubahan apapun, karena tim PromoNavi Agency tidak ikut campur dalam campaign, serta tidak melakukan aktivitas apapun di dalamnya.

Dana yang dihasilkan dari program afiliasi ini juga dapat ditransfer ke Paypal dan Rekening Bank. Memanfaatkan program ini tentu akan memberikan keuntungan lebih bagi para pengguna Google Ads, sehingga biaya yang dikeluarkan untuk iklan juga akan menjadi lebih efisien. Untuk informasi lebih lengkap mengenai program reward 5% dari PromoNavi Agency, silakan kunjungi tautan berikut ini.

Disclosure: artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh PromoNavi Agency

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Feature
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…