Categories

Gadget

Optoma UHD60 Ialah Proyektor 4K Termurah yang Ada di Pasaran Saat Ini

Dibanderol $2.000, proyektor ini juga mendukung video HDR sekaligus fitur konversinya

Glenn Kaonang - 13 June 2017

Pasar proyektor mungkin tidak sebesar TV, akan tetapi mereka yang punya niatan untuk membangun setup home theater-nya sendiri kerap lebih mengincar proyektor ketimbang TV. Masalahnya, di era serba 4K ini, proyektor 4K masih begitu mahal harganya. Optoma tampaknya ingin mematahkan anggapan tersebut.

Perusahaan yang bermarkas di Tiongkok itu belum lama ini mengumumkan Optoma UHD60, yang sejatinya merupakan proyektor 4K pertama yang mengusung banderol kurang dari $2.000. Memang masih terdengar mahal, apalagi jika Anda bandingkan dengan TV, tapi selain 4K proyektor ini rupanya juga mendukung video HDR.

Secara teknis hardware yang dikemas UHD60 sebenarnya belum mampu memproyeksikan resolusi 4K murni, namun berkat bantuan pixel shifting dan metode pemrosesan lainnya, proyektor ini akhirnya sanggup menyuguhkan video dalam resolusi 3840 x 2160, dengan bentang diagonal hingga seluas 140 inci.

UHD60 turut mendukung standar internasional Rec. 709 color gamut untuk mereproduksi warna sinematik secara akurat. Tingkat kecerahannya mencapai 3.000 lumen, dengan rasio kontras 1:1.000.000. Tidak kalah menarik adalah fitur konversi video standar menjadi HDR demi meningkatkan kontras, detail dan warnanya secara keseluruhan.

Sekali lagi, Optoma UHD60 akan segera dipasarkan seharga $2.000 ‘saja’. Ia juga akan dipasarkan langsung ke konsumen lewat retailer seperti Amazon, bukan melalui perusahaan ahli instalasi home theater terlebih dulu.

Sumber: The Verge dan Optoma.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter