29 December 2016

by Yoga Wisesa

Orbi Prime Ialah Kamera 360 Derajat Berwujud Kacamata

Perangkat ini kompatibel ke berbagai jenis helm olahraga dan telah mendapatkan sertifikasi IP64.

Mainstream-nya video 360 ialah kontribusi dari banyak pihak: tersedianya headset VR yang terjangkau, munculnya dukungan platform video-sharing, lalu makin banyak pula kamera 360 dengan harga terjangkau. Evolusi kamera 360 pun sangatlah pesat. Solusi berupa rig berubah jadi lebih sederhana, dan saat ini pilihan action cam 360 derajat kian melimpah.

Terlepas dari semakin canggihnya device-device itu, cara pemakaiannya masih serupa, di mana Anda harus memegang perangkat layaknya kamera biasa atau mencantelkannya ke mount. Penyajian seperti ini sedikit merepotkan jika Anda ingin melakukan aktivitas outdoor. Kabar baiknya, hal itu tidak lagi jadi kendala berkat kreasi inovatif tim Orbi Inc. Mereka mengenalkan Orbi Prime, kamera 360 derajat pertama dengan wujud kacamata.

Tidak ada bagian menonjol yang canggung, Orbi Prime mempunyai penampilan layaknya kacamata biasa. Device didesain agar tampil stylish, kuat dan nyaman dikenakan dengan frame dari polikarbonat. Produsen menyediakan dua ukuran dan lima pilihan kombinasi warna (hitam, hitam-merah, hijau, putih-abu-abu, dan putih-oranye). Lalu ia kompatibel ke berbagai jenis helm olahraga, dan telah mendapatkan sertifikasi IP64 - artinya anti debu halus dan cipratan air.

Sebagaimana kacamata olahraga, developer memanfaatkan jenis lensa polarized yang dapat beradaptasi terhadap cahaya matahari dan tentu saja melindungi mata Anda dari bahaya sinar ultraviolet. Anda juga tidak perlu khawatir ketika membawa Orbi Prime dalam aktivitas-aktivitas yang sedikit ekstrem seperti memanjat tebing atau arung jeram, tinggal pasang strap pengaman di sana.

Orbi Prime merekam di resolusi empat kali full-HD, disulam menjadi 3840x2160 dengan 30 frame rate per detik, menyuguhkan field of view 160x110 derajat dalam orientasi portrait. File disimpan ke SDXC, mendukung hingga 128GB, Anda bahkan bisa mengakses tampilan live preview di smartphone via app companion (tersedia untuk Android dan iOS). Perangkat ini ditenagai dua baterai Li-Po, masing-masing 1.000mAh, menghidangkan waktu rekam sampai 90 menit.

Rahasia kemampuan Orbi Prime merekam video 360 derajat terdapat pada perangkat lunaknya. Device dibekali software stitching dan editing canggih, juga memungkinkan Anda mengunggahnya langsung ke jejaring sosial. Beberapa tugas dari software tersebut adalah memastikan hasilnya tetap natural, membuat gerakan dan putaran lebih mulus, serta mengurangi efek dari gerataran.

Orbi Prime bisa Anda pesan segera di platform crowdfunding  Indie Gogo. Di sana produk ditawarkan seharga US$ 230, lebih murah 65 persen dari harga retail - bundel sudah termasuk case charger, strap pengaman, serta kabel USB.