Categories

Gadget

Osmo Little Genius Starter Kit Ubah iPad Menjadi Alat Bantu Tangible Learning buat Anak Balita

Topik pembelajarannya mencakup alfabet, kosa kata, pemahaman emosi, pemecahan masalah dan kreativitas

Glenn Kaonang - 26 June 2019

Masih ingat dengan Osmo, startup yang memanfaatkan kecanggihan teknologi computer vision untuk menciptakan permainan-permainan edukatif menarik macam Osmo Pizza Co. maupun Osmo MindRacers? Selama ini permainan bikinan mereka banyak ditujukan untuk anak-anak berusia 5 - 12 tahun, namun sekarang Osmo juga punya penawaran buat anak-anak di bawah 5 tahun.

Namanya Osmo Little Genius Starter Kit, dan permainan ini masih mengandalkan komponen terpenting dalam portofolio produk Osmo, yakni sebuah cermin kecil yang dapat dipasangkan ke bagian atas iPad supaya kameranya bisa melihat apa saja yang ada di hadapannya. Yang berbeda, jenis kontennya dimaksudkan untuk membantu perkembangan kognitif sekaligus motorik anak usia 3 - 5 tahun.

Aspek edukasinya mencakup pembelajaran mengenai alfabet, kosa kata, pemahaman emosi, pemecahan masalah maupun pengasahan kreativitas. Dalam mengajarkan alfabet dan kosa kata misalnya, anak-anak diajak untuk menyusun balok-balok kecil warna-warni menjadi huruf atau objek tertentu, menyesuaikan dengan apa yang sedang ditampilkan di layar.

Di saat yang sama, aktivitas menyusun objek ini tentu dapat berkontribusi dalam mengasah kreativitas anak, sekaligus mematangkan kemampuan motorik halusnya. Di dunia pendidikan, metode pembelajaran seperti ini dikenal dengan istilah tangible learning, dan ini banyak didasari oleh teori-teori para cendekiawan, macam Friedrich Froebel maupun Maria Montessori.

Selain susun-menyusun balok, anak-anak juga diajak untuk bereksperimen seputar busana. Mereka dapat mengombinasikan beragam jenis pakaian, lalu melihat reaksi karakternya pada layar. Di saat yang sama, aktivitas ini juga bakal mengajak anak-anak belajar memecahkan masalah; memilih kostum yang tepat supaya karakternya dapat menghadapi tantangan yang diberikan.

Rencananya, Osmo Little Genius Starter Kit bakal segera dipasarkan seharga $79. Paket penjualannya sudah mencakup aksesori iPad yang dibutuhkan, yakni sebuah penyangga dan cermin kecil itu tadi.

Sumber: Business Wire.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter