Dengan kemudahan pengoperasian dan ketersediaan berbagai game yang menarik, sulit rasanya bagi anak-anak untuk tidak tertarik dengan iPad. Namun seperti yang kita tahu, unsur pendidikan juga bisa ditanamkan ke dalam game, sehingga pada akhirnya anak-anak bisa belajar tentang banyak hal.

Akan tetapi yang kerap mengundang kontroversi adalah bagaimana anak-anak dinilai kecanduan bermain game di iPad dan sama sekali tidak tertarik dengan permainan-permainan tradisional yang melibatkan objek fisik di dunia nyata. Kalau itu yang diperkarakan, augmented reality bisa menjadi solusi yang efektif.

Ambil contoh Osmo Pizza Co., sebuah sistem permainan baru yang tak hanya melibatkan aplikasi iPad saja, tetapi juga sejumlah alat bantu untuk berinteraksi dengan dunia virtual di dalam game. Sederhananya, Pizza Co. ingin mengajak anak-anak usia 5 – 12 tahun untuk belajar mendirikan bisnis pizza-nya sendiri, merangkap tugas sebagai pemilik, koki sekaligus kasir.

Paket penjualan lengkap Osmo Pizza Co. / Osmo
Paket penjualan lengkap Osmo Pizza Co. / Osmo

Cara kerja Osmo Pizza Co. sangat berbeda dari game simulasi pada umumnya. Paket penjualannya mencakup sebuah cermin kecil yang bisa dipasangkan ke kamera depan iPad, sehingga kamera dapat melihat apa yang ada di bawahnya. Dari situ, anak-anak akan menempatkan topping pizza di atas pelat yang menyerupai adonan pizza – juga termasuk dalam paket penjualan.

Tentu saja topping-nya harus disesuaikan dengan pesanan pelanggan yang datang, yang semuanya bisa dilihat di layar iPad. Pesanan tidak sesuai, maka pelanggan pun akan memberikan respon negatif. Dari sini sebenarnya anak-anak sudah bisa belajar bahwa kepuasan pelanggan adalah salah satu prioritas utama dalam berbisnis.

Anak-anak harus menempatkan uang kembalian yang sesuai di atas pelat / Osmo
Anak-anak harus menempatkan uang kembalian yang sesuai di atas pelat / Osmo

Usai makan, pelanggan pasti harus membayar. Di sini anak-anak akan diasah kemampuan berhitungnya. Tapi sekali lagi, ketimbang hanya mengetikkan angka-angka di layar, anak-anak akan diminta untuk menempatkan uang kembalian di atas pelat adonan pizza tadi yang sudah dibalik, lalu kamera dan software Osmo akan mengenali jumlahnya secara akurat, sama seperti caranya mengidentifikasi topping pizza tadi.

Seiring berjalannya waktu dan setelah pendapatannya mulai menggunung, anak-anak bisa meng-upgrade sekaligus mendekorasi kedai pizza-nya dalam game. Di level dengan tingkat kesulitan lebih tinggi, anak-anak bahkan diminta untuk membeli sendiri perlengkapan dalam game yang dibutuhkan, termasuk memperhatikan stok bahan yang diperlukan.

Secara keseluruhan, Osmo Pizza Co. merupakan alternatif yang sangat menarik jikalau Anda sudah punya iPad dan ingin mengajak anak-anak bermain sambil belajar. Paket penjualan komplitnya (Commerce Kit) dijajakan seharga $59, tapi kalau Anda sebelumnya sudah punya Osmo Starter Kit, Anda hanya perlu membeli Pizza Co. sendiri seharga $39.

Sumber: VentureBeat dan WebWire.