Oto.com Akuisisi Grup Media Carvaganza, Berambisi Digitalkan Bisnis Otomotif secara Menyeluruh

Oto.com Akuisisi Grup Media Carvaganza, Berambisi Digitalkan Bisnis Otomotif secara Menyeluruh

Akuisisi termasuk kepada portal Motorvaganza dan Autovaganza selaku anak usaha Carvaganza
Tim Oto.com di Indonesia / Oto.com
Tim Oto.com di Indonesia / Oto.com

Platform teknologi otomotif Oto.com baru-baru ini mengumumkan telah mengakuisisi media otomotif Carvaganza beserta dua anak usahanya Motorvaganza dan Autovaganza. Akuisisi ini bertujuan untuk meningkatkan cakupan bisnis perusahaan untuk mendigitalisasi seluruh proses penjualan produk otomotif di Indonesia.

Sejak debut di tahun 2015, Oto.com dikenal sebagai portal online (listing) yang membantu penggunanya mendapatkan informasi detail mengenai produk mobil dan motor. Termasuk informasi promo, asuransi dan kredit pembelian.

Kepada DailySocial, CEO Oto.com Wasudewan mengatakan bahwa pascaakuisisi tidak akan ada peleburan situs — kendati Oto.com sebelumnya juga sajikan berita dan tips ringkas soal otomotif. Ketiga portal media tetap akan berdiri terpisah seperti sediakala.

Rencana bisnis di tahun 2020

Lebih lanjut Wasudewan menceritakan, tahun ini perusahaannya juga sudah terapkan pendekatan berbasis AI berkelanjutan. Salah satu tujuannya untuk membantu mitranya (dalam hal ini ATPM – agen tunggal pemegang merek; perusahaan yang ditunjuk oleh oleh produsen mobil/motor untuk memasarkan produk) dalam mengenali lebih dalam kebiasaan dan keinginan konsumen.

Setiap kali pengguna mengunjungi situs Oto.com dalam mencari produk otomotif, mereka dapat mengisi data diri untuk di-follow up dengan penawaran oleh ATPM. Oto.com tidak melakukan transaksi jual-beli di portalnya dan memang fokus sajikan informasi untuk unit baru. Wasudewan ungkap sebulan bisa mendapatkan sekitar 250 ribu data untuk prospek penjualan.

Oto.com sendiri merupakan bagian dari CarDekho Group. Startup digital otomotif tersebut berbasis di Indonesia, saat ini telah mengumpulkan dana sekitar US$190 juta dari sejumlah investor, termasuk Sequoia, Hillhouse Capital, CapitalG, Tybourne Capital dll. Mereka hadir ke Indonesia bekerja sama dengan korporat media KMK Online (bagian dari EMTEK).

Pergeseran tren konsumsi media

Wasudewan turut mengomentari terkait tren konsumsi media di kalangan masyarakat Indonesia saat ini. Tidak sedikit orang yang bergeser ke kanal seperti YouTube untuk mendapatkan ulasan produk otomotif. Oleh karenanya salah satu landasan Oto.com mengakuisisi Carvaganza adalah untuk sajikan informasi komprehensif soal industri terkait.

Latar belakang founder, Munawar Chalil, juga diyakini akan memberikan peran kunci. Terlebih di industri ia dinilai sebagai salah satu tokoh penting di lini pemberitaan otomotif. Dengan tetap menghadirkan pembahasan mendalam soal produk otomotif, diyakini model pemberitaan Carvaganza tetap akan relevan dan diminati masyarakat.

“Setiap tahun ada 1 juta mobil baru terjual di Indonesia, angka ini diproyeksikan terus meningkat seiring peningkatan PDB dan infrastruktur. Ketika pertama kali memulai di tahun 2015, kami melihat tidak ada portal yang fokus memberikan informasi detail tentang produk mobil. Kemudian kami memulai situs yang fokus ke sana,” ujar Wasudewan.

Ia melanjutkan, “Salah satu faktor kunci Carvaganza, Motovaganza dan Autovaganza adalah mereka cukup dekat dengan antusiasme otomotif dan memiliki ikatan yang baik di antara mereka. Dengan akuisisi ini, kami akan memberikan nilai komprehensif dan holistik untuk semua pemangku kepentingan yang terlibat dalam industri ini (termasuk konsumen, bank, multi-finance, dealer, pemasar dll).”

Sementara itu Munawar selaku Publsiher & Group Chief Editor Carvaganza “Dengan bergabung dengan Oto.com, kami memiliki peluang untuk tumbuh lebih baik. Kami juga dapat memberikan kontribusi yang lebih berarti bagi industri otomotif. Oto.com adalah platform listing dan tempat pasar mobil terbesar di Indonesia yang didukung orang dan teknologi berkualitas. Tidak heran dalam empat tahun kehadirannya sudah menjadi pasar otomotif nomor satu di Indonesia.”

Situs otomotif di Indonesia

Dalam publikasi bertajuk “Car Marketplace Survey 2018DSResearch mendapati temuan, dari 1871 responden survei sebanyak 96,02% di antaranya memanfaatkan platform digital untuk mendapatkan informasi tentang produk otomotif.

Karenanya kini situs otomotif bertubuh subur di Indonesia. Tidak hanya yang sajikan informasi saja, namun juga kanal penjualan. Ada yang berbentuk marketplace, ada juga yang khusus menjual atau membeli mobil bekas, dan lain-lain.

Car Marketplace di Indonesia

Application Information Will Show Up Here

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Interview
Artikel Populer
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…