Categories

Gadget

Ototo Memungkinkan Anda Bermain Musik dengan Benda Apapun

Yoga Wisesa - 13 February 2014

Disebut sebagai sebuah bahasa universal, sejarah musik bisa dibilang sama tuanya dengan peradaban manusia itu sendiri. Untuk berbagai macam manusia yang memiliki minat berbeda, tidak ada orang yang tidak menyukai musik – bahkan termasuk mereka yang tidak bisa bermusik.

Semenjak synthesizer elektronik mulai diperkenalkan di pertengahan abad ke-20, konsepsi khalayak terhadap musik kian meluas. Akhirnya beberapa puluh tahun setelah synthesizer pertama diperkenalkan, tiga orang pria asal London mencoba menantang diri mereka dengan sebuah pertanyaan, “Mungkinkah kita bisa menciptakan musik dari objek apapun?” Menggunakan teknologi yang telah ada saat ini, akhirnya tim bernama Dentaku ini memperkenalkan Ototo.

 

Info menarik: [InfoDigi] Pengguna Instagram Indonesia: Suka #latepost dan Selfie

 

Ototo 03

Ototo adalah sebuah ‘invention kit’ all-in-one yang memungkinkan Anda membuat instrumen musik dari benda apapun yang Anda mau. Pengguna bisa langsung menciptakan bunyi dengan menyentuh tombol nada. Tetapi dengan menyambungkan objek atau material yang bersifat konduktif ke Ototo, Anda bisa membuat mereka merespon sentuhan.

Hal ini mengubah objek apapun menjadi alat musik. Tombol-tombol pada Ototo disusun agar satu oktaf dengan keyboard musik. Dan jika Anda jepitkan kabel yang tersambung dengan perangkat ini ke sebuah benda, maka hal itu akan memicu nada tertentu.

Perangkat buatan tim Dentaku ini pada dasarnya adalah sebuah synthesiser dengan 12 input onboard yang dapat diaktifkan dengan sentuhan. Uniknya, ia memiliki berbagai macam sensor yang bisa disambungkan dengan empat buah input. Empat input sensor ini mampu mengontrol elemen-elemen berbeda dalam suara: satu sensor mengatur nada, satu untuk mengatur kenyaringannya, dan dua sensor lain untuk mengontrol tekstur dari suara.

Semua pilihan kustomisasi berada di genggaman pengguna: Anda bisa menyambungkan sensor cahaya untuk mengontrol tinggi rendahnya nada, atau menciptakan suara yang bereaksi dengan nafas Anda.

Ototo 02

 

 

Info menarik: Jomblo.com Tawarkan Media Sosial Untuk Mencari Jodoh

 

Ia memiliki dua buah mode penghasil suara, Ototo dapat bekerja sebagai synthesiser dan juga sampler. Alat ini menghasilkan suara monofonik dengan jarak nada, gelombang nada dan filter yang bisa dikustomisasi. Fitur sampler yang dimilikinya memainkan suara-suara sampel singkat seperti suara drum yang bisa disimpan dalam flash memory miliknya, dan dari sini Anda dapat mengubah tinggi rendahnya nada sampel.

Setting preset suara sampel disimpan dalam Ototo, Anda dapat memainkannya hanya dengan menyentuhkan beberapa tombol – seperti fungsi kompak synthesiser modern. Tentu saja perangkat unik ini akan mendapatkan update software dan fitur secara berkala dari para pengembangnya.

Ototo 04

Satu hal lagi, jika Anda menghubungkan Ototo dengan USB, Anda bisa menggunakannya sebagai Midi controller. Dengan begitu, fungsi instrumen Ototo akan jauh lebih luas: tuts keyboard dapat digunakan sebagai input nada dan sensor-sensornya sebagai pengontrolnya. Anda bukan hanya mendapatkan fleksibilitas, namun juga pilihan jenis suara yang sangat luas.

Proyek Ototo saat ini berada dalam tahap pengumpulan dana di Kickstarter. Dentaku membutuhkan dana sebesar £50,000 (sekitar US$ 83.000) sebagai target stretch pertama agar Ototo bisa masuk dalam tahap produksi. Jika Anda ingin melihat ide ini terealisasikan, jangan ragu-ragu, silakan bantu mereka.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter