24 August 2015

by Glenn Kaonang

Oura Ring, Cincin Menawan yang Bisa Memonitor Kualitas Tidur dan Aktivitas Fisik

Gelang pintar sudah banyak bertebaran, tapi cincin pintar masih cukup jarang, apalagi yang berwujud ringkas dan elegan seperti cincin tradisional. Kini sebuah startup asal Finlandia ingin menjadi salah satu yang pertama yang menghadirkan cincin pintar ke publik.

Bernama Oura Ring, wujudnya begitu ringkas. Ukurannya mungkin masih sedikit lebih besar ketimbang cincin tradisional, akan tetapi dibandingkan sejumlah prototipe cincin pintar yang sudah ada, Oura jauh lebih 'normal'. Meski ringkas, Oura dibekali sederet sensor untuk memonitor berbagai aktivitas.

Salah satu keunggulan Oura adalah memonitor kualitas tidur. Tanpa menerima instruksi apa-apa, ia bisa mendeteksi secara otomatis ketika Anda sudah terlelap. Selagi Anda mendengkur, Oura akan memonitor laju jantung, pola pernafasan maupun parameter lainnya yang diperlukan untuk menganalisa kualitas tidur secara akurat.

Ketika Anda sedang aktif menjalankan berbagai kegiatan, Oura akan terus memonitor berbagai parameter, termasuk halnya seberapa lama Anda suduh duduk. Semua ini akan dianalisa, dan pada akhirnya, aplikasi pendamping Oura di smartphone akan menampilkan Readiness Score, mengindikasikan seberapa siapkah Anda menjalani aktivitas setiap harinya.

Info menarik: Bisa 'Meretas' Syaraf, Cincin Pintar V1bes Bantu Anda Atasi Stres

Saat kita berbicara soal cincin, desain tentunya harus menjadi pertimbangan utama. Oura terbuat dari keramik zirconia yang tampak menawan, dengan finishglossy atau matte, tergantung pilihan konsumen. Cincin pintar ini tahan air hingga kedalaman 50 meter sekaligus tahan goresan. Ia siap Anda pakai kapan pun dan di manapun.

Oura tidak perlu di-pair ke smartphone untuk bisa bekerja; ia akan merekam semua data yang terkumpul hingga tiga minggu lamanya. Pairingvia Bluetooth hanya dibutuhkan ketika Anda hendak mengevaluasi data-data yang dikumpulkan. Ia dilengkapi baterai yang bisa bertahan hingga tiga hari. Saat baterainya habis, letakkan Oura ke dalam case-nya yang tersambung via Micro USB, maka proses charging akan berlangsung selama 30 - 60 menit.

Oura Ring saat ini tengah bersiap menjalani tahap produksi massal. Buat yang tertarik, Anda bisa memesannya lewat laman kampanyenya di Kickstarter seharga $229, dengan estimasi harga retail $299. Sayang Anda tidak bisa mengaitkan batu akik andalan ke atasnya. :)