Sejak pertama kali dirilis, Outlook sudah menjadi aplikasi email favorit saya di ponsel. Alasan lain yang membuat Outlook semakin tak tergantikan adalah komitmen Microsoft untuk terus menyempurnakannya dari waktu ke waktu. Usai merombak tampilannya, Microsoft kini menghadirkan integrasi aplikasi pihak ketiga pada Outlook.

Integrasi yang Microsoft sebut dengan istilah add-ins ini sebelumnya sudah lebih dulu hadir di Outlook versi iOS, dan kini versi Android-nya pun ikut kebagian jatah. Berkat add-ins, pengguna sejatinya dapat mengerjakan dan menyelesaikan berbagai macam tugas tanpa perlu meninggalkan aplikasi Outlook sama sekali.

Aplikasi-aplikasinya sejauh ini mencakup Evernote, Microsoft Dynamics 365, Microsoft Translator, Nimble, OnePlaceMail, Outlook Customer Manager, Smartsheet dan Trello. Dalam waktu dekat, Microsoft juga akan menambahkan Wrike, JIRA, MeisterTask, Gfycat dan MojiLala.

Outlook Add-ins

Add-in Evernote misalnya, memungkinkan pengguna untuk menyimpan email ke dalam aplikasi pembuat catatan tersebut secara cepat, sedangkan Microsoft Translator siap menerjemahkan pesan dalam email secara instan ke dalam 60 bahasa yang didukung.

Add-in lain seperti Trello memungkinkan pengguna untuk mengaitkan email tertentu dengan kartu tugas yang ada di aplikasi kolaborasi tersebut. Namun add-in tidak selamanya terkesan serius. Lihat saja Gfycat dan MojiLala, yang memudahkan pengguna untuk menyelipkan GIF atau sticker ke dalam pesan email yang ditulis.

Di Android, add-ins bisa diakses lewat menu tiga titik yang ada di header setiap pesan yang masuk. Untuk sekarang add-ins baru bisa digunakan jikalau pengguna memakai akun Outlook.com atau Office 365, akan tetapi Microsoft berjanji untuk menghadirkan dukungan akun Gmail dalam waktu dekat.

Sumber: Microsoft.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.