Categories

Gadget

Oven GoSun Fusion Gunakan Sinar Matahari dan Listrik Buat Memasak

Anda bisa memasak langsung berbekal cahaya matahari, atau menyimpan tenaganya dalam baterai yang diisi via panel solar untuk memanggang di malam hari.

Yoga Wisesa - 30 July 2018

18 tahun berlalu sejak milenium berganti, namun sampai kini, manusia masih mengandalkan sumber daya alam terbatas yang menghasilkan emisi karbon besar dalam kehidupan sehari-hari. Padahal, potensi satu jenis sumber daya terbesar di tata surya kita masih menanti untuk dioptimalkan: matahari. Sayang buat fungsi praktis, matahari baru digunakan sebagai sumber tenaga perangkat-perangkat berskala kecil.

Namun langkah untuk memanfaatkan tenaga matahari secara maksimal tetap perlu diapresiasi. Para inventor telah merealisasikan beragam ide, dari mulai pembangkit listrik yang menyamar jadi jalanan hingga smartwatch bertenaga surya. Dan pada tahun 2015, tim GoSun sempat mengungkap ide radikal. Mereka mencoba menggunakan panasnya matahari buat memasak.

Tiga tahun setelahnya, konsep ‘oven matahari’ mereka semakin matang. Melalui situs crowdfunding yang sama, GoSun memperkenalkan GoSun Fusion sebagai inkarnasi baru dari model Grill. Fusion menjanjikan kapabilitas canggih dengan pemakaian yang sederhana, yaitu kemampuan memanggang bebas kompromi tanpa membawa kekurangan pemanggang tradisional – cepat kotor, susah dipindahkan, dan berbahaya.

Seperti yang diindikasikan oleh namanya, GoSun Fusion memanfaatkan teknologi pemanggang hybrid. Anda bisa memasak langsung berbekal cahaya matahari, atau menyimpan tenaga surya dalam baterai yang diisi via panel solar, memungkinkan kita memasak meski hari sudah malam. GoSun Fusion mengonsumsi daya dengan sangat efisien. Untuk memanggang, ia cuma membutuhkan listrik setara lampu pijar.

Rahasia dari Fusion terletak pada konstruksi internalnya yang sangat efektif dalam memerangkap panas. GoSun berani mengklaim Fusion sebagai kompor elektrik paling efisien di dunia saat ini, mampu menghasilkan panas hingga 232 derajat Celcius bahkan di kondisi berawan. Makanan bisa matang dalam hitungan menit cuma berbekal cahaya matahari, dan karena mengusung struktur vakum, kelembapan tertahan di dalam dan mencegah makanan hangus.

GoSun Fusion mempunyai ruang sebesar 3,2-liter, kira-kira setara lima porsi makanan. Ia memiliki tubuh tabung, ringan tetapi tangguh. Sepasang sayap polikarbonat dengan permukaan glossy di sana bisa mudah digerakkan mengikuti arah matahari. Lalu saat memasak, Anda tetap bisa memindahkannya karena panas tertahan di dalam. Fusion juga dibekali sistem penghangat elektrik, bisa diaktifkan jika makanan mulai dingin.

Kampanye crowdfunding Fusion sukses besar di Kickstarter. Saat artikel ini ditulis, GoSun berhasil mengumpulkan dana delapan kali lipat dari target awal mereka. Di situs tersebut, GoSun Fusion bisa Anda pesan seharga mulai dari US$ 300, belum termasuk unit power bank. Harga retail-nya adalah US$ 500, dan paket lengkapnya dibanderol US$ 650.

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter

Thank you for Reading DailySocial.id

Starting at less than Rp 5.000/Day. You get unlimited access to DailySocial.id