Categories

Gadget

OWC ThunderBlade Adalah SSD Eksternal Paling Ngebut dengan Kecepatan 2.800 MB/s

Tersedia dalam varian kapasitas 1 TB sampai 8 TB

Glenn Kaonang - 11 April 2018

Secepat apa suatu hard disk eksternal bisa memindah data? Kalau isinya SSD (solid state drive) macam Samsung T5, kecepatan transfer datanya bisa mencapai angka 540 MB per detik dengan menggunakan sambungan USB-C. Sebagai informasi, Samsung T5 pada saat diluncurkan diklaim sebagai SSD eksternal yang paling ngebut, tapi itu cerita tahun lalu.

Tahun ini, titel tersebut jatuh pada OWC ThunderBlade. Tersedia dalam varian kapasitas 1 TB sampai 8 TB, ThunderBlade diklaim memiliki kecepatan baca setinggi 2.800 MB/s dan tulis 2.450 MB/s. Jangankan flash disk lawas Anda, Samsung T5 itu tadi saja tidak ada apa-apanya jika dibandingkan ini.

Di balik tiap unit ThunderBlade terpasang empat keping SSD tipe M.2, dengan kapasitas hingga 2 TB per kepingnya. Semua ini dibungkus dalam sasis setebal 3 cm, sedangkan bobotnya berkisar 0,7 kg. Perihal konektivitas, ThunderBlade mengandalkan dua port USB-C yang juga merupakan port Thunderbolt 3.

Kehadiran dua port ini memungkinkan pengguna untuk membentuk serangkaian SSD yang terdiri dari 6 unit ThunderBlade, yang berarti kapasitas maksimum yang didapat bisa mencapai angka 48 TB. Berbagai konfigurasi RAID juga didukung, bahkan jika menggunakan software SoftRAID, dua ThunderBlade yang digandengkan bisa lebih ngebut lagi hingga secepat 3.800 MB/s.

Dengan kapasitas yang masif dan kinerja kelas dewa, ThunderBlade jelas bukan untuk sembarang konsumen, melainkan mereka yang setiap harinya bergelut dengan foto, video maupun jenis data lain dalam jumlah besar. Harganya pun tidak murah: $1.200 untuk varian 1 TB, $1.800 2 TB, $2.800 4 TB, dan $5.000 8 TB.

Sumber: DPReview.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter