Bukan Sembarang Dash Cam, Owl Bertindak Sebagai Kamera Pengawas untuk Mobil

Bukan Sembarang Dash Cam, Owl Bertindak Sebagai Kamera Pengawas untuk Mobil

Dilengkapi sederet sensor dan konektivitas LTE untuk merekam dan mengunggah semuanya selama 24 jam nonstop
Owl Car Cam / Owl Cameras Inc.
Owl Car Cam / Owl Cameras Inc.

Dunia tidak kekurangan dash cam, akan tetapi ada yang cukup istimewa dari dash cam baru bernama Owl berikut ini. Yang pertama, penciptanya adalah Andy Hodge, eks karyawan Apple yang sempat memimpin pengembangan iPod selama sekitar satu dekade. Kedua, pengembangnya percaya bahwa ia lebih pantas disebut sebagai kamera pengawas untuk mobil.

Sebagai kamera pengawas, tentu saja tugasnya adalah merekam tanpa henti, bahkan ketika mesin mobil mati sekalipun. Owl mengemas sepasang kamera; satu menghadap ke depan dengan resolusi 1440p, sedangkan satu lagi bertugas mengabadikan apa saja yang terjadi di dalam kabin mobil dalam resolusi 720p – sudut pandangnya cukup luas, sampai bisa mencakup sebagian jendela samping mobil.

Owl Car Cam

Pengguna dapat memantau hasil rekaman Owl secara real-time melalui layar sentuh berukuran 2,5 inci. Dukungan perintah suara pun juga tersedia; cukup ucapkan “Ok, presto,” maka Owl akan mengirimkan klip video yang baru saja direkam menuju ke smartphone. Kalau perlu, fungsi perintah suara ini juga dapat dimanfaatkan untuk memberi judul klip video tersebut demi memudahkan proses pencarian ke depannya.

Layaknya mobil-mobil modern yang dilengkapi sederet sensor, Owl juga mengemas sejumlah sensor untuk mendeteksi beragam peristiwa yang terjadi selama Anda sedang tidak berada di dalam mobil. Sebagai contoh, saat Owl mendeteksi ada seseorang yang mencurigakan mendekati mobil, ia akan memancarkan cahaya yang cukup terang untuk menakutinya.

Owl Car Cam

Selain merekam selama 24 jam nonstop, Owl yang menyambung ke mobil via port OBD ini juga akan mengunggah semuanya ke jaringan cloud. Dari mana sambungan internetnya? Dari chip LTE yang sudah tertanam di body mungil Owl. Dari situ pengguna bisa dengan mudah mengakses hasil rekaman Owl lewat aplikasi pendampingnya di ponsel.

Owl sejatinya bukan yang pertama mengimplementasikan konektivitas LTE pada sebuah dash cam. Sebelumnya Acer sempat meluncurkan dash cam serupa, bahkan yang dibekali kamera 360 derajat. Bagi yang tertarik, Owl saat ini sudah dipasarkan seharga $349, sudah termasuk layanan LTE selama setahun.

Sumber: Engadget.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.

Gadget
x
Minerva | Maximize
3

Minerva is typing…