Categories

Gadget

Ozobot, Robot Pintar Yang Mengintegrasi Video Game Dengan Board Game

Yoga Wisesa - 10 February 2014

Kita bisa menyebutkan berbagai macam dampak negatif yang diberikan oleh pesatnya perkembangan teknologi terhadap kehidupan sosial manusia. Contohnya ketika sudah asik menikmati permainan di device mobile, kita mudah lupa dengan apa yang terjadi di lingkungan sekitar. Developer asal Amerika mencoba menghidupkan kembali lini hiburan sosial dengan membuat sebuah robot kecil yang pintar.

Internet mungkin menjadi satu dari banyak alasan mengapa manusia menjadi kian malas berinteraksi secara langsung. Ingatkah Anda saat menikmati Mario NES bersama para sepupu di ruang keluarga, atau bermain monopoli bersama keluarga, saat-saat bercengkrama bersama inilah yang ingin kembali dihidupkan para tim di belakang Ozobot. Mereka mengklaim bahwa robot kecil ini mempu merevolusi cara kita menikmati permainan, baik di layar sentuh, kertas dan juga game board.

Ozobot adalah mainan fisik yang bisa Anda gunakan dalam permainan digital, ia dirancang untuk menjembatani game masa kini dengan permainan-permainan lawas, mengkombinasi teknologi masa depan dengan manisnya nostalgia. Ozobot dapat berinteraksi dan mempelajari aktivitas yang dilakukan para penggunanya. Sang developer bahkan menjelaskan bagaimana Ozobot membantu meningkatkan kreativitas dan daya nalar anak-anak.

Anda dapat mengkustomisasi Ozobot dengan sangat mudah. Ia memiliki bahasa pemrograman yang disebut dengan SmartCode. Dengan mengaksesnya, pengguna bisa menyesuaikan kecepatan dan arah ia berjalan, bahkan memerintahkan Ozobot untuk menari ataupun berputar-putar. Bayangkan saat sekumpulan anak sekolah bermain-main dengan SmartCode. Secara tak sadar mereka juga sedang mempelajari teknik dasar pemrograman robot.

 

Info Menarik: Pencipta Mega Man Buat Proyek Game Lewat Kickstarter

 

Walaupun dirancang dengan bentuk yang sangat kecil – dengan diameter dan tinggi kurang lebih satu inci – Ozobot mampu mengambil keputusan secara independen. Kemampuan ini dapat diusung dengan fitur Random Logic yang ditanamkan para perancangnya. Lampu LED di dalamnya akan merespon Anda secara visual, namun fitur Optical Communication-nyalah yang membuat Ozobot mampu menyelesaikan tantangan sederhana.

Ozobot juga dapat membaca garis secara presisi, dan dengan fitur inilah ia dapat berjelajah di tiap-tiap permukaan ‘papan permainan’ serta merespon warna yang berbeda. Robot kecil ini memiliki motor ganda yang memungkinkannya melesat dengan keceptan yang Anda inginkan.

Rencananya sang tim developer akan membundel Ozobot dengan berbagai aplikasi dan papan permainan. Mereka segera merilisnya untuk iOS dan Android secara cuma-cuma. Beberapa aplikasi yang dipamerkan adalah OzoDraw dimana Anda akan bermain-main dengan kemampuan sang robot kecil dalam membaca warna dan OzoLuck, ‘permainan untung-untungan’ modern dimana Ozobot akan mengeksplorasi labirin yang telah dibuat pemain.

Satu app menarik lain adalah OzoRace. Seperti nama yang dimilikinya, di dalamnya Anda akan mengadu kecepatan Ozobot satu dengan yang lainnya menuju garis finish. Anda bisa menikmati OzoRace via aplikasi, ataupun memiliki sirkuit fisik yang bisa Anda kustomisasi sendiri.

 

Info Menarik: Device AR Buatan Mantan Staff Valve Sukses di Kickstarter

 
Proyek Ozobot masih berada dalam tahap crowdfunding di Kickstarter. Para penciptanya mencoba mengumpulkan dana US$ 100.000 sebelum tanggal 1 Maret 2014. Saat ini mereka telah berhasil mengumpulkan lebih dari separuh target strech tersebut.

Ini dia trailer Ozobot yang dirilis kurang lebih satu bulan lalu:

 

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter