13 October 2014

by Yoga Wisesa

Packed Pixels Hadir Sebagai Monitor Tambahan Notebook Anda

Tak hanya menghasilkan grafis menawan, para produsen membekali GPU modern agar komputer dapat menyajikan tampilan dua layar atau lebih. Alasannya sederhana, permintaan fitur multi-monitor kian bertambah, baik dari pengguna antusias maupun khalayak profesional. Sayangnya memasukkan monitor ke dalam tas tak semudah menyelipkan notebook di sana.

Tantangan inilah yang Dovetail Technology coba berikan solusinya. Berbeda dari PC dekstop, notebook banyak dipilih karena ringkas dan mudah dibawa. Masalahnya, sejauh ini belum tersedia versi 'mobile' praktis monitor laptop, hingga akhirnya Packed Pixels diperkenalkan. Packed Pixel hadir sebagai display beresolusi tinggi, dan layaknya notebook, ia mudah dimasukkan ke ransel.

Konsep dan penyajian Packed Pixel sungguh sederhana, tapi mampu menjadi solusi ampuh. Pertama, Anda tinggal memasangkan bracket, didesain agar pas dengan semua tipe laptop ditambah strap berbahan karet. Monitor Packed Pixels tinggal dicantelkan di sana, kemudian sambungkan ujung kabel ke port di komputer Anda. Packed Pixels kompatibel dengan PC berbasis Windows serta Mac; mendukung koneksi USB 3.0, Thunderbolt, DisplayPort atau Mini DisplayPort.

Hebatnya lagi, pemasangan sama sekali tak membutuhkan instalasi driver. Packed Pixels dapat ditambatkan di sebelah kiri, kanan, atau kedua sisi notebook Anda. Ia menawarkan tingkat frame rate tinggi sehingga nyaman digunakan untuk menonton video dan bermain game. Hal tersebut membedakan Packed Pixels dengan produk monitor tambahan sejenis.

 

Info menarik: Rico Mampu Mengubah Smartphone Tak Terpakai Menjadi Device Smart Home

 

Spesifikasi Packed Pixels juga sama sekali tidak mengecewakan. Ia memberikan resolusi 2048x1536 (mayoritas laptop masih mengusung 1080p) di layar 9,7-inci dengan dimensi 228x180x20,9 milimeter dan berat hanya 340 gram. Tingkat kecerahan dapat diatur secara manual, lalu bagian punggung dibuat dari material plastik ABS ber-finishing matte.

Monitor tambahan ini membutuhkan arus sebesar 1,5 ampere untuk level kecerahan maksimal. Anda bisa mengkustomisasinya menjadi 1 atau 0,5 ampere di model notebook lebih tua, tapi ingat tingkat brightness juga akan berkurang. Alternatifnya, tinggal gunakan charger smartphone sebagai pemasok tenaga eksternal.

Tim Dovetail Technology berencana merampungkan desain produk di bulan Desember, dan mulai mendistribusikannya di bulan Mei tahun depan. Anda bisa memesan Packed Pixel di Kickstarter seharga £ 140 (varian lebih murahnya sudah habis) atau sekitar US$ 225. Satu paket Packed Pixels berisi satu unit layar, sepasang bracket, kabel USB ke micro USB, dan kabel Thunderbolt, DisplayPort atau Mini DisplayPort sesuai pilihan.

Sumber: Kickstarter.