Categories

Feature

Pahami Kebutuhan Pelanggan untuk Berikan Layanan Terbaik Lewat CRM

Dapat diautomasi lewat solusi teknologi dengan implementasi Customer Relationship Management (CRM)

JuLi Andrian - 13 November 2020

Tujuan utama membangun bisnis tentu saja adalah untuk meraih keuntungan atau laba. Keuntungan dapat diperoleh jika ada pembelian yang dilakukan oleh para pelanggan atau pelanggan. Sebaik apapun kualitas produk dan layanan yang dimiliki, tentu tak akan menghasilkan apa-apa bagi pebisnis jika tak ada yang ingin membeli dan menggunakannya.

Pelanggan merupakan salah satu komponen yang sangat penting dalam bisnis. Salah satu faktor keberhasilan bisnis adalah kemampuan perusahaan untuk terus-menerus mendapatkan pelanggan baru, menjaga dan meningkatkan kepuasan para pelanggan, serta membuat para pelanggan tersebut kembali lagi dan menjadi pelanggan loyal bagi produk dan layanan yang ditawarkan.

Untuk mewujudkan bisnis yang berkelanjutan, pebisnis perlu memahami setiap pelanggan dan calon pelanggannya dengan baik. Mulai dari mengetahui siapa saja calon pelanggan yang potensial, apa saja interaksi yang dilakukan oleh para pelanggan dengan perusahaan lewat berbagai saluran, serta bagaimana membuat para pelanggan tetap puas dan loyal terhadap perusahaan. Melakukan semua dengan cara manual tentu akan merepotkan. Namun semua hal tersebut dapat diautomasi lewat solusi teknologi, yaitu dengan implementasi Customer Relationship Management (CRM).

Mengenal Customer Relationship Management

Secara umum, CRM merupakan proses pengelolaan hubungan antara perusahaan dengan pelanggannya. Dengan implementasi CRM, pebisnis dapat mengetahui informasi mengenai pelanggan serta calon pelanggan, juga interaksi apa saja yang telah dilakukan dengan perusahaan. Semua data tersebut dikumpulkan secara terpusat dan dapat dianalisis untuk menentukan strategi bisnis yang akan dilakukan, mulai dari untuk meningkatkan penjualan, meningkatkan pengalaman dan loyalitas pelanggan, memahami kebutuhan pelanggan untuk menyediakan produk dan layanan yang lebih baik, serta mendapatkan ROI (return of investment) yang lebih tinggi dari usaha-usaha pemasaran yang dilakukan.

Secara garis besar, CRM dapat membantu meningkatkan produktivitas serta efisiensi perusahaan, terutama dari segi penjualan dan pemasaran. Dengan teknologi dan automasi yang dijalankan, CRM dapat mengeliminasi berbagai pekerjaan manual dan repetitif yang sebelumnya perlu dilakukan oleh tim. Termasuk dalam pembuatan laporan, karena semua data tersebut dapat dilihat langsung oleh semua anggota tim lewat dashboard CRM software yang digunakan.

Penggunaan CRM dalam Perusahaan

Dalam perusahaan, CRM umumnya digunakan oleh bagian pemasaran, penjualan, dan customer support. Sebab, ketiga bagian tersebut yang paling lekat hubungannya dengan pelanggan. Dari sisi customer support, CRM dapat membantu menjawab pertanyaan dan menangani masalah pelanggan dengan lebih baik. Salah satunya adalah dengan fitur yang mampu mengkategorikan dan menentukan prioritas dari pertanyaan serta keluhan yang masuk, sehingga masalah yang sifatnya penting atau darurat dapat diselesaikan lebih cepat.

Dari sisi pemasaran, CRM dapat membantu menjalankan berbagai program promosi dan kampanye pemasaran, salah satunya lewat broadcast email. Tim pemasaran juga dapat menentukan siapa saja pelanggan yang akan menerima email tersebut dengan membagi kontak yang dimiliki menjadi beberapa segmen. Misalnya dari segi demografi seperti usia, jenis kelamin, lokasi, dan variabel lainnya sesuai kebutuhan perusahaan. Dengan cara ini, kampanye pemasaran yang dilakukan akan lebih tepat sasaran. Setelah dikirim, CRM juga dapat menampilkan statistik dari para pelanggan yang membuka email, atau mengklik tautan yang ada di dalamnya. Statistik tersebut kemudian dapat dianalisis untuk menentukan sales funnel, serta menyusun langkah yang akan dilakukan selanjutnya.

CRM juga sangat penting digunakan untuk meningkatkan penjualan. Tim penjualan dapat menggunakan CRM untuk mengumpulkan dan mengelola kontak dari para pelanggan dan calon pelanggan potensial, mengirimkan informasi dan penawaran lewat email, serta mengelola sales pipeline secara keseluruhan. Segala kegiatan dan usaha penjualan yang dilakukan juga dapat ditampilkan dalam bentuk statistik, sehingga CRM juga dapat membantu tim penjualan untuk melakukan analisis dari segala aktivitas yang telah dilakukan. Dengan visibilitas sales pipeline yang baik dan jelas, tentu akan semakin mudah untuk mengukur kinerja penjualan, melakukan analisis, serta menyusun strategi ke depannya.

Jika tertarik untuk menerapkan CRM dalam bisnis yang sedang dijalankan, Anda dapat mencoba Deskera sebagai salah satu pilihan tepat. Didesain untuk startup dan UKM, Deskera memberi Anda kombinasi antara fitur lengkap dengan harga yang tepat, dengan sistem yang intuitif dan mudah digunakan.

Deskera memiliki berbagai fitur penting, mulai dari menentukan sales funnel, menyiapkan kontak dan penawaran, serta menggunakan sistem email bawaan untuk melacak semua korespondensi penjualan Anda di satu tempat. Anda juga dapat mengirim email broadcast menggunakan Deskera. Nikmati berbagai layanan dan fitur CRM, mulai dari otomasi alur kerja pemasaran, penjualan, dan customer support, pembuatan sales pipeline yang apik, hingga insight dan analisis lengkap lewat dashboard yang intuitif.

Jangan lewatkan juga penawaran eksklusif untuk menikmati akses seumur hidup semua layanan Deskera, dengan harga mulai Rp 2,2 juta. Penawaran terbatas dan hanya berlaku hingga tanggal 30 November 2020. Untuk informasi lebih lengkap, silakan kunjungi tautan berikut: appsumo.com/deskera/

Disclosure: Artikel ini adalah konten bersponsor yang didukung oleh Deskera

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter