Categories

Gadget

Panasonic Resmi Perkenalkan Kamera Mirrorless Tercanggihnya, Lumix GH5

Bisa merekam video 4K 60 fps, dilengkapi sistem image stabilization 5-axis dan menawarkan performa autofocus yang lebih cepat lagi

Glenn Kaonang - 5 January 2017

Usai memamerkan prototipenya di ajang Photokina 2016 bulan September kemarin, Panasonic akhirnya resmi memperkenalkan Lumix GH5. Kamera ini, dengan segala fitur dan kelebihannya, sekali lagi ingin membuktikan superioritas yang bisa ditawarkan kamera mirrorless.

Desain dan dimensinya tidak banyak berubah dari Lumix GH4, masih mengadopsi gaya DSLR dan sedikit lebih besar daripada kamera mirrorless biasanya, meski masih jauh lebih ringkas ketimbang DSLR. Jantungnya kini diisi oleh sensor baru beresolusi 20,3 megapixel yang tidak dilengkapi low-pass filter guna semakin mempertajam detail.

Mendampingi sensor tersebut adalah prosesor Venus Engine baru yang diklaim sanggup menawarkan performa 1,3 kali lebih baik dari yang tertanam di GH4. Melengkapi semua itu adalah sistem image stabilization 5-axis yang sangat efektif meredam guncangan ketika kamera dioperasikan tanpa tripod.

Performa AF Lumix GH4 sudah cepat, tapi Lumix GH5 bahkan jauh lebih cepat lagi / Panasonic

Beralih ke autofocus, Lumix GH4 sendiri sudah merupakan salah satu kamera mirrorless dengan performa AF tercepat yang pernah ada di pasaran. GH5 membawanya ke level yang lebih tinggi lagi dengan peningkatan kecepatan sekitar 2x lipat dan 225 total titik fokus yang bisa dipilih.

Sistem Depth from Defocus AF generasi baru ini sangat berpengaruh terhadap kemampuan GH5 dalam memotret secara konstan. Dalam posisi continuous AF aktif, GH5 bisa memberondong secepat 9 fps, sedangkan dalam posisi fokus terkunci secepat 12 fps, semuanya dalam resolusi penuh dan menggunakan shutter mekanik.

Namun seperti halnya GH4, talenta GH5 sebenarnya ada pada urusan video. Ia merupakan kamera mirrorless pertama yang bisa merekam video 4K 60/50 fps secara internal dan tanpa batas waktu – sampai memory card yang terisi penuh, meski sekarang ada dua slot SD card UHS-II. Videografer profesional akan tersenyum melihat kemampuan GH5 merekam video 4:2:2 / 10-bit guna mendapatkan warna yang lebih akurat.

Lumix GH5 mengemas EVF dengan resolusi tertinggi yang ada pada kamera mirrorless saat ini / Panasonic

Fitur 4K Photo andalan Panasonic kini telah di-upgrade menjadi 6K Photo, memungkinkan pengguna untuk mengekstrak foto 18 megapixel dalam kecepatan 30 fps. Konektivitas Wi-Fi GH5 kini didampingi Bluetooth 4.2 guna mewujudkan prosedur transfer gambar ke ponsel secara instan.

Selain jeroan baru, Lumix GH5 juga mengemas electronic viewfinder (EVF) anyar berpanel OLED yang memiliki tingkat magnifikasi 0,76x dan resolusi 3,68 juta dot, jauh di atas kamera mirrorless lain. Di bawahnya, hadir layar sentuh 3,2 inci dengan resolusi 1,62 juta dot. Semua ini dikemas dalam bodi magnesium yang tahan terhadap guyuran hujan maupun cuaca ekstrem.

Tanpa perlu ragu, Panasonic Lumix GH5 akan melanjutkan tradisi pendahulunya sebagai kamera kesayangan videografer profesional. Ia rencananya akan dipasarkan mulai akhir Maret mendatang seharga $1.999 body only.

Sumber: DPReview.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter