Categories

Gadget

Panasonic Lumix GX8 Bawa Sensor Baru dan Sistem Image Stabilization Unik

Glenn Kaonang - 22 July 2015

Tidak lama setelah merilis Lumix G7, tepatnya di minggu liburan kemarin, Panasonic memperkenalkan anggota terbaru di lini kamera mirrorless-nya. Panasonic Lumix GX8 adalah penerus langsung dari Lumix GX7 yang diluncurkan di tahun 2013.

Apa saja yang baru dari Lumix GX8? Pertama-tama tentu saja sensor Micro Four Thirds baru yang kini mengemas resolusi 20,3 megapixel. Sensor ini memiliki tingkat sensitivitas ISO maksimum 25.600, dan dipadukan dengan prosesor Venus Engine, menjanjikan peningkatan performa low-light dibanding pendahulunya.

Menemani sensor baru tersebut adalah sistem image stabilization (IS) ganda yang cukup unik. Sederhananya, Panasonic Lumix GX8 dapat mengombinasikan sistem IS bawaan kamera dengan bawaan lensa guna menghasilkan gambar bebas blur tanpa harus mengandalkan tripod setiap saat.

Info menarik: Action Cam Panasonic HX-A1 Dapat Melihat dalam Kegelapan

Soal video, Lumix GX8 rupanya juga mengusung kemampuan merekam video 4K. Pengguna bisa memilih antara mode 24 atau 30 fps, serta kemampuan untuk 'mencomot' foto 8 megapixel dari video 4K yang direkam. Atau kalau Anda lebih memilih menjepret beberapa foto sekaligus, Lumix GX8 siap dipakai dalam mode burst dengan kecepatan hingga 8 fps.

Masih seputar performanya, Panasonic mengklaim sistem autofocus 49 titik milik Lumix GX8 bisa menangkap fokus lebih cepat daripada pendahulunya. Berdasarkan pengalaman pribadi, sistem AF milik Lumix GX7 sudah tergolong amat cepat, bahkan di kondisi kurang cahaya sekalipun.

Info menarik: 5 Kamera Mirrorless Terbaik yang Bisa Anda Beli Saat Ini

Beralih ke desain, Panasonic tampaknya tetap mempertahankan gaya retro yang dibawa Lumix GX7, dengan revisi di beberapa bagian. Rangka bodinya masih terbuat dari magnesium, dan kini diklaim tahan debu maupun cipratan air. Di belakang, Anda masih disambut oleh electronic viewfinder (EVF) OLED yang bisa di-tilt hingga 90 derajat.

Kendati demikian, yang paling menarik buat saya adalah layar sentuhnya. Tidak seperti milik kebanyakan kamera mirrorless lain yang cuma bisa dimiringkan ke atas atau bawah, LCD milik Lumix GX8 bisa ditarik ke sebelah lalu diputar-putar, mirip seperti yang biasanya terdapat di kamera DSLR. Dengan demikian, pengguna bisa lebih fleksibel dalam menentukan angle komposisi.

Panasonic Lumix GX8 rencananya akan dipasarkan mulai pertengahan bulan Agustus mendatang. Harga yang dipatok adalah $1.200 tanpa lensa, sedangkan warna yang ditawarkan ada dua, yakni hitam legam atau kombinasi hitam dan silver.

Sumber: Panasonic via Engadget.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter