Zaman masih sekolah di awal tahun 2000-an, saya rela bersepatu ke sekolah tanpa kaus kaki demi tampil lebih keren, meskipun itu berarti saya harus sembunyi-sembunyi dari para guru. Bukan cuma itu, masih ada satu konsekuensi lain yang harus saya hadapi: sepatu saya jadi lebih cepat bau, dan Anda semua tahu betapa busuknya bau kaki yang menempel di dalaman sepatu.

Banyak teknik saya terapkan untuk menghilangkan baunya, termasuk salah satu yang paling saya suka adalah memasukkan bubuk kopi dan mendiamkannya semalaman. Namun belasan tahun telah berlalu, dan teknologi kini mencoba mengambil alih teknik-teknik kuno yang kurang efisien itu.

Gambar yang Anda lihat di atas itu adalah Panasonic Shoe Deodorizer (MS-DS100). Bagian bawahnya itu bisa Anda buka sampai kelihatan sepasang kaki kecil, lalu jejalkan ke dalam sepatu dan diamkan selama lima sampai tujuh jam untuk menghilangkan aroma tidak sedap pada sepatu (bahkan high heels milik kaum hawa pun juga bisa ditangani).

Panasonic Shoe Deodorizer (MS-DS100)

Apakah alat ini menyemprotkan bubuk kopi ke dalam sepatu? Tentu saja tidak. Panasonic lagi-lagi menggunakan teknologi partikel ion “nanoe”, yang bertugas menembus material sepatu lalu menguraikan bau dengan bantuan radikal hidroksil (OH). Teknologi ini sebenarnya juga sudah cukup umum digunakan pada AC mobil-mobil baru.

Yang sedikit berbeda di sini adalah penggunaan versi yang telah disempurnakan, yakni “nanoe X”, yang diklaim bisa menghasilkan 10 kali lebih banyak radikal hidroksil, sehingga kinerjanya menghilangkan bau bisa lebih efektif. Sebelum ini, Panasonic telah menerapkan teknologi yang sama pada Deodorizing Hanger yang dirilis tahun lalu.

Durasi lima sampai tujuh jam tadi merujuk pada mode pengoperasiannya, apakah “Normal” atau “Long”. Panasonic bilang bahwa perangkat juga dapat menerima suplai daya dari power bank apabila tidak ada colokan listrik di sekitar pengguna. Saat sedang tidak dipakai, sepasang kakinya tadi bisa dicopot untuk dibilas dengan air.

Panasonic berencana menjual produk ini mulai 20 September mendatang, tapi khusus untuk pasar Jepang dan dengan kuota produksi 1.000 unit per bulan. Sayang banderol harganya belum diungkap. Sepertinya saya masih harus betah dengan teknik bubuk kopi untuk sementara waktu.

Sumber: Panasonic dan The Verge.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. Kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.