6 January 2016

by Bambang Winarso

FZ-Q1, Keluarga Baru Panasonic Toughpad yang Tak Kalah Tangguh

Toughpad FZ-Q1 dibalut layar 12,5 inci dan dibekali kemampuan menyerap goncangan dan benturan

Di ajang CES 2016 yang digelar di Las Vegas, Panasonic secara resmi memperkenalkan tablet tangguh semi-rugged 12 inci terbaru. Dinamai Toughpad FZ-Q1, tablet ini memperpanjang lini produk tablet tangguh Panasonic yang sebelumnya sudah pernah menjejak pasar. Di varian ini Panasonic mempercayakan Windows 8.1 sebagai sistem operasi pilihan bersama sejumlah fitur khas tablet tangguh.

Tablet Panasonic Toughpad FZ-Q1 dirancang dengan dimensi body yang serba lebih, ia lebih tipis dan ringan ketimbang sejumlah tablet serupa. Ketebalannya ada di 0.8 inci atau 2.03cm yang memberi keuntungan pada bobotnya yang disunat hingga hanya 1.04kg. Keunggulan ini sudah barang tentu mendukung mobilitas pengguna. Pun demikian, tablet tetap mengedepankan keamanan, daya guna dan juga realibilitas bagi pengguna di berbagai kalangan, termasuk korporat sekalipun. Demi mendukung fungsionalitas tersebut, Panasonic menjatuhkan pilihan jeroan pada prosesor Intel i5-4302Y vPro dan Intel Celeron processor N2807 yang dapat dipilih sesuai selera. Ada pilihan RAM 8GB dan ruang simpan hingga 128GB.

Ketahanan tablet datang dari material sasis magnesium alloy dan juga desain komponen yang mempunyai kemampuan untuk menyerap guncangan. Jeroan tanpa kipas sehingga membantu perangkat untuk tetap bersih, komponen ini memang kerap menjadi jalan masuk bagi debu dan kotoran.

Di bagian komponen paling sering digunakan, yaitu layar, Panasonic Toughpad FZ-Q1 menjanjikan kecerahan yang nyaman di mata berkat dibesutnya layar 12,5 inci HD dengan tingkat kecerahan di 350-nit. Layar ini juga dilengkapi dengan anti-reflective coating untuk mengurangi efek silau.

Lainnya, Panasonic Toughpad FZ-Q1 dipersenjatai dengan fitur-fitur tambahan seperti kamera belakang 8MP, kamera depan 2MP, USB 3.0, microSDXC, modem 4G LTE, GPS dan juga fitur pengisian baterai cepat.

Dikutip dari Venturebeats, Toughpad FZ-Q1 bakal mulai dipasarkan pada bulan Maret dengan banderol mulai $1,000 untuk model standar dan $1,700 untuk model tertinggi.