23 August 2018

by Lukman Azis

Panasonic Umumkan Lumix LX100 II, Penantang Sony RX100 VI

Meski ukurannya ringkas, Lumix LX100 II tetap memiliki kontrol kamera yang terbilang lengkap

Bagi Anda yang tak puas dengan hasil foto kamera smartphone atau memang ingin meningkatkan kualitas foto-foto Anda secara signifikan, kamera mirrorless memang kerap kali menjadi pilihan utama.

Namun bagi Anda yang tidak ingin mengorbankan mobilitas, kamera saku premium juga merupakan alternatif terbaik terutama sebagai teman traveling. Dan Panasonic punya produk baru yang mungkin sangat cocok untuk Anda.

Mereka baru saja merilis compact camera yang disebut Lumix LX100 II. Kamera saku ini merupakan penerus dari LX100 yang diumumkan pada tahun 2014 lalu.

Perubahan besar Lumix LX100 II ialah penggunaan sensor four thirds multi aspect 17-megapixel, pendahulunya hanya 12,8-megapixel. Sementara, lensanya 24-75mm f/1.7-2.8 dengan five aspherical dan dua elemen ED. Punya jarak fokus minimum 3cm dan desain leaf shutter.

Desainnya sendiri masih identik dengan pendahulunya, tapi punya grip untuk mencengkram kamera lebih baik. Meski ringkas kamera ini menawarkan kontrol yang terbilang lengkap. Di body kamera, terdapat putaran khusus untuk mengatur exposure compensation dan shutter speed.

Lalu, di lensa ada putaran untuk mengatur aperture, tombol untuk beralih cepat ke mode focus, dan tombol untuk memilih aspek rasio ke 3:2, 16:9, 1:1, dan 4:3.

Layarnya sendiri berukuran 3 inci dan sudah touchscreen, serta memiliki electronic viewfinder, dan konektivitas Bluetooth untuk transfer hasil foto dengan cepat.

Kamera ini mampu menangkap 11 foto per detik dengan buffer 33 foto dan juga mampu merekam video 4K pada 30 fps atau 24 fps dalam format MP4.

Lalu, berapa harga dari kamera saku premium ini? Panasonic Lumic DC-LX100 II dijual seharga US$999 atau sekitar Rp14,6 juta dan mulai tersedia di pasar global mulai pada bulan Oktober. Sedikit lebih murah dibanding dengan pesaing terdekatnya yakni Sony RX100 VI.

Sumber: DPreview