Categories

Berita

PANDI Buka Kesempatan Perusahaan Jadi Registrar Domain .id

Rama Mamuaya - 2 November 2011

PANDI baru-baru ini mengumumkan bahwa mereka akan segera mengupdate sistem registrasi domain .id awal tahun depan. Sekarang ini PANDI mengadopsi sistem Single Point Registry System (SPRS) dan akan merubahnya menjadi Shared Registry System (SRS). Saat ini, SRS adalah sistem yang digunakan berbagai domain registrar di seluruh dunia.

Seperti yang dikemukakan oleh PANDI, perubahan sistem ini dimaksudkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan registrasi domain untuk konsumen dan juga untuk membuka peluang bisnis baru bagi perusahaan seperti ISP dan penyedia hosting. 

Perubahan ini merupakan hasil dari kerjasama PANDI dengan GMO Registry yang kami tuliskan beberapa bulan lalu. Meskipun hal ini menimbulkan reaksi yang cukup keras dari beberapa praktisi dan akademisi, namun sepertinya akan tetap dilaksanakan. Sebagai hasil dari transisi ini, proses registrasi domain .id akan ditutup sementara dari tanggal 17 - 25 November dan pelanggan akan kembali bisa registrasi domain .id pada tanggal 26 November 2011.

Dampak langsung dari transisi ini adalah terbukanya kesempatan untuk perusahaan-perusahaan seperti ISP dan web hosting untuk mendaftarkan diri menjadi registrar domain .id. Jadi nantinya pelanggan dimampukan untuk mendaftarkan domain .id melalui perusahaan yang memiliki lisensi registrar dari PANDI, hal ini akan lumayan memotong waktu yang selama ini terbuang untuk mengurus dokumen-dokumen ke PANDI.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter