Categories

Tips & Trik

Panduan Analisis SEO Pesaing Bagian I

Bambang Winarso - 19 May 2015

Persaingan merupakan hal yang biasa dalam banyak hal berbau bisnis atau prestasi. Sebuah bisnis yang di dalamnya terdapat persaingan menunjukkan adanya minat yang besar. Prinsipnya, dimana ada persaingan di situ ada peluang dan prospek. Tetapi tentu persaingan haruslah diukur agar faktor resiko dapat ditekan seminimal mungkin.

Di dalam praktik SEO pun persaingan bukanlah hal baru. Seperti halnya di dalam bisnis konvensional, persaingan dalam SEO dapat diukur, diraba dan dianalisis.

Analisis pesaing penting dilakukan untuk mengetahui apakah relung pasar tersebut memungkinkan untuk dimasuki atau tidak. Informasi dan tolak ukur yang diperoleh akan sangat berguna sebagai bahan pengambilan keputusan atau menyusun strategi dan target yang harus dicapai.

Di bagian pertama analisis SEO pesaing ini, saya akan mencoba menyoroti sisi SEO on page-nya terlebih dahulu. Nanti di bagian kedua baru kita akan analisis elemen off page.

Analisis Meta Tag Pesaing

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memeriksa meta tag yang dipergunakan dan mengapa posisinya di mesin pencari lebih baik dari Anda. Ada beberapa keuntungan yang Anda peroleh. Pertama, Anda tidak perlu repot melakukan riset kata kunci potensial. Karena pesaing Anda sudah melakukannya dengan baik dan berhasil dibuktikan dengan berada di puncak hasil pencarian mesin pencari (SERP).

Kedua, Anda dapat mengetahui kata kunci apa yang tidak optimalkan oleh pesaing sehingga dapat Anda manfaatkan sebagai ruang untuk mencuri posisi.

Untuk melakukan analisis meta tag Anda bisa melakukannya secara manual atau dengan bantuan aplikasi.

Info Menarik: 4 Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Cara Manual

Cara manual cukup mudah dilakukan, kunjungi situs pesaing yang berada di puncak hasil pencarian Google kemudian klik kanan dan klik view page source.

Setelah page source muncul, temukan baris dengan label title dan meta desc atau meta title. Di sana seharusnya Anda akan mendapati meta tag yang dipergunakan oleh pesaing Anda. Sekarang tinggal disalin dan dimodifikasi sedmikian rupa agar lebih optimal atau sekedar menjadi informasi kata kunci yang dibidik oleh mereka.

Dengan Aplikasi

Jika Anda enggan menggunakan cara manual, Anda bisa menggunakan aplikasi berbasis web dari smallseotools atau menggunakan ekstensi SEOquake yang dapat dipasang ke Firefox dan Chrome.

Analisis ini tidak hanya dapat dilakukan untuk mengetahui kata kunci halaman utama, tetapi juga menganalisis kata kunci di dalam konten artikel dan sub halaman.

Analisis Penggunaan Kata Kunci dan Konten

Tadi sudah saya sebutkan bahwa analisis meta tag dapat juga dipergunakan untuk mengintip kata kunci yang disasar oleh pesaing di dalam konten.

Gunakan analisis meta tag di atas kemudian setelah kata kunci tersebut didapat, coba perhatikan bagaimana cara mereka menggunakan, meletakkan dan mengkombinasikan kata kunci dengan menjawab pertanyaan berikut ini:

  • Apakah kata kunci utama ada di judul dan meta title?
  • Apakah kata kunci utama ada di meta description?
  • Apakah kata kunci ada di badan utama artikel, jika ada berapa banyak?
  • Apakah ada kata kunci turunan atau kata kunci terkait yang digunakan?
  • Apakah gambar mempunyai alt title?
  • Apakah url artikel juga mengandung kata kunci atau kata kunci terkait?

Jawaban yang dihasilkan dari pertanyaan-pertanyaan di atas akan memberi Anda ide dan pola yang diterapkan oleh pesaing di dalam konten sehingga dapat menguasai mesin pencari. Anda harus melakukan cara yang sama atau dengan eksekusi yang bahkan yang lebih baik.

Analisis Struktur Situs

Situs yang baik adalah situs yang mempunyai struktur yang lengkap dan teratur. Perhatikan bagaimana mereka menyusun sub halaman, widget dan posisi iklan. Perhatikan juga bagaimana mereka meletakkan konten, kemudian header, footer dan kelengkapan menu.

Apakah ini penting? Jelas sangat penting. Selain memberikan nilai lebih di mata pembaca, struktur situs yang baik dan lengkap membuat mesin pencari memberikan skor yang lebih baik walaupun persentasenya tidak sebesar aspek lainnya. Sebagai contoh, Google tidak akan pernah meletakkan situs dengan satu halaman di hasil pencarian teratas. Anda bisa pastikan kembali pernyataan ini dengan memperhatikan struktur situs-situs yang berada di halaman pertama Google Search.

Info Menarik: 5 Teknik SEO Ampuh yang Sering Dilupakan

Bandingkan Kecepatan Loading Halaman

Saya rasa Anda sudah mengerti bahwa kecepatan menjadi faktor yang tak kalah penting bagi SEO sebuah situs. Nah, coba bandingkan kecepatan loading situs pesaing dengan situs Anda. Gunakan tool ini atau ini. Jika situs Anda lebih lambat, temukan akar masalahnya dan perbaiki segera.

Analisis SMO Pesaing

Algoritma Google terus berkembang, tapi dari pengamatan saya pribadi Google kian memprioritaskan engagement yang terjadi di media sosial. Artinya, konten yang mempunyai interaksi media sosial yang baik mempunyai kesempatan untuk menduduki posisi SERP (posisi di mesin pencari) yang lebih baik.

Coba Anda temukan fan page Facebook pesaing kemudian analisa secara mendalam apakah mereka membuat kampanye iklan di sana. Kemudian perhatikan juga bagaimana interaksi pesaing di Twitter. Dari informasi tersebut Anda akan dapat temukan celah mana yang belum dimanfaatkan oleh mereka.

Tetapi jika ternyata pesaing Anda juga sudah menguasai strategi SMO dengan baik. Jangan lekas patah arang, karena analisis ini baru separuh jalan dan masih ada banyak aspek SEO yang dapat Anda garap guna bersaing di mesin pencari.

Kesimpulan Bagian Pertama

SEO on page sama pentingnya dengan SEO off page, bahkan menurut beberapa orang ketika skor SEO off page sudah sama-sama baik, maka kualitas on page lah yang akan menentukan dimana posisi sebuah situs dalam persaingan.

Analisis SEO on page di bagian pertama ini cukup untuk memberikan gambaran besar bagaimana kualitas pesaing Anda. Apakah bisa untuk dimasuki, mungkin atau sangat tidak mungkin. Penilaian masing-masing dari Anda mungkin akan berbeda, dipengaruhi seberapa besar dan dominan sikap optimis atau pesimis yang Anda miliki.

Selanjutnya, mudah-mudahan bisa dalam minggu ini. Saya akan mengulas analisis SEO off page pesaing untuk mengokohkan keputusan Anda. Akan jauh lebih rumit tapi sangat vital. Jadi, jangan ketinggalan.

Sumber gambar header Shutterstock.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter