Panduan Analisis SEO Pesaing Bagian II (Habis)

Di artikel analisis SEO pesaing bagian pertama kita sudah mengulas sisi SEOon page. Dan seperti yang saya janjikan kala itu, di bagian dua (habis) ini kita akan menganalisis faktor SEO off page yang juga tak kalah menentukan.

Berkenaan dengan SEO off page, ada tiga elemen penting yang akan menjadi pembahasan kita. Pertama, menganalisis backlink yang dipergunakan oleh pesaing. Kedua, menganalisis cara dan kekuatan jejaring sosial yang dipergunakan. Ketiga, menganalisis teknik marketing berbayar yang pesaing terapkan.

Analisis Backlink

Setiap kali membahas SEO, saya sering menyinggung soal backlink dan peranannya dalam mendongkrak posisi situs di mesin pencari masih sangat vital. Kendati banyak orang mengatakan backlink tidak lagi berpengaruh, namun kenyataannya saya pribadi menemukan fakta bahwa situs tanpa backlink akan sulit untuk bersaing di mesin pencari.

Kesimpulannya, backlink tetap penting tetapi dengan syarat backlink tersebut haruslah punya kualitas. Sekarang kita punya proyek mengalahkan pesaing, sebelum menanam backlink, wajib melakukan analisis dulu backlink apa yang dipergunakan oleh pesaing kok bisa menguasai mesin pencari. Jika informasi ini Anda ketahui, maka Anda akan semakin mudah mengambil langkah selanjutnya.

Info Menarik: 4 Tips Menulis Artikel SEO Friendly

Untuk mengetahui backlink pesaing ada beberapa tools yang dapat Anda pergunakan:

Ahrefs. Dari sekian alat pemeriksa backlink, Ahrefs adalah yang paling akurat dan paling mudah dipergunakan (baca panduannya di sini). Anda bisa membuat akun dan menggunakan fitur-fiturnya secara gratis. Jika ingin lebih dalam, sebaiknya upgrade ke akun premium.

Majestic SEO. Tool yang dimiliki oleh layanan ini terbilang sangat lengkap, namun relatif lebih rumit digunakan.

Backlink Watch. Layanan ini juga diberikan secara cuma-cuma, cukup dalam dan juga akurat. Hanya tampilannya memang sedikit asal.

Data-data yang Anda peroleh dari tool di atas simpan ke Excel, data ini akan menjadi tabungan penting Anda. Kemudian setelah data terkumpul, pergunakan situs-situs tersebut sebagai sasaran penanaman backlink. Jika tidak mungkin, maka pergunakan halaman lain di situs yang sama untuk menanamkan backlink Anda.

Analisis Profil Jejaring Sosial Pesaing

Jejaring sosial merupakan elemen penting yang wajib Anda kelola dengan baik. Pesaing Anda pastinya sudah mengetahui ramuan ini. Untuk itu, cobalah kunjungi profil atau fan page Facebook, Twitter, Linkedln, Pinterest, Instagram atau jejaring sosial mereka satu per satu. Kemudian catat berapa jumlah follower atau likes mereka.

Khusus di Facebook, Anda bisa menambahkan profil yang meninggalkan komentar atau likes di status fan page pesaing sebagai teman dan mengundang mereka untuk menyukai halaman Anda.

Anda bisa juga memanfaatkan tool yang ditawarkan oleh layanan bernama Mentions untuk mengidentifikasi, melacak dan mengetahui kampanye yang digunakan oleh pesaing untuk meningkatkan brand mereka.

Info Menarik: 10 Jenis Backlink yang “Dibenci” Oleh Google

Analisis Marketing Berbayar

Selain dari mesin pencari dan jejaring sosial, traffic juga bisa diperoleh dari kampanye marketing berbayar misalnya Google Adwords, Chitika, Infolinks dan Facebook Ads. Anda bisa menggunakan SpyFu untuk menganalisis dan melacak kampanye iklan berbayar yang dipergunakan oleh pesaing dan kata kunci sasarannya.

Dengan tiga analisis di atas sobat bisa tetap membayang-bayangi pesaing atau bukan tidak mungkin menyalip mereka. Butuh waktu memang, tapi bukankah tujuan Anda membangun bisnis memang untuk selamanya? Jadi, lakukan dengan bertahap dan konsisten.

Sumber gambar header Shutterstock.