23 August 2017

by Yoga Wisesa

Panduan Belanja Steam Wallet di Bukalapak dan Tokopedia Tanpa Transfer Bank serta Kartu Kredit

Pastikan saja ada PC, koneksi internet, dan lokasi Anda tak jauh dari gerai Indomaret atau Alfamart.

Kehadiran dukungan mata uang Rupiah di Steam yang diimplementasikan tiga tahun silam sudah sepatutnya kita apresiasi. Itu artinya, Valve menyadari tingginya potensi industri gaming Indonesia, serta juga merupakan langkah 'penyesuaian harga' permainan agar lebih pas di pasar lokal. Ambil contohnya Hellblade. Game ini dibanderol US$ 30, tapi kita dapat membelinya seharga Rp 200 ribu saja.

Hal tersebut menunjukkan pada kita krusialnya Steam Wallet Rupiah bagi gamer Indonesia, apalagi mendekati momen-momen Steam Sale atau ketika ada promo diskon mendadak. Tersedia banyak cara untuk mendapatkan voucher ini, namun tahukah Anda Steam Wallet juga bisa dibeli kapanpun tanpa memerlukan proses transfer bank ataupun kartu kredit?

Caranya ternyata sangat mudah, pastikan saja poin-poin ini terpenuhi: PC, browser, koneksi internet, dan ada gerai Indomaret atau Alfamart tak jauh dari lokasi Anda. Steam Wallet bisa dibeli di Bukalapak atau Tokopedia, namun perlu diketahui bahwa bagian penjualan resmi kedua marketplace ini tak dapat diakses dari app mobile. Silakan ikuti langkah-langkahnya di bawah:

1. Buka situs Tokopedia atau Bukalapak di PC, log-in jika belum.

2. Di kolom search, masukan keyword 'voucher Steam' atau 'voucher game'

3. Anda akan segera di bawa ke laman khusus dengan berbagai opsi voucher permainan. Variasi di Tokopedia lebih banyak dari Bukalapak, dan Tokopedia juga menyajikan opsi Steam Wallet USD. Untuk sekarang, pilihlah Steam Wallet Rupiah.

  • Tokopedia: Dengan mengklik Steam Wallet IDR, window di bawah akan memperlihatkan deskripsi beserta pilihan nominal saldo. Ada opsi mulai dari Rp 6 ribu sampai Rp 600 ribu. Setelah menentukan nilainya, sistem akan menampilkan jumlah uang yang harus Anda bayar. Contohnya, Steam Wallet Rp 250 ribu dibanderol Rp 300 ribu. Kemudian tinggal klik tombol 'Beli'.

 

  • Bukalapak: Prosedur di Bukalapak hampir mirip Tokopedia, namun dengan memilih Steam Wallet Code (ID), situs akan beralih ke page baru. Opsi nominal di Bukalapak lebih sedikit dari kompetitornya itu, pilihan nilai terkecilnya dimulai dari Rp 12 ribu.

Catatan: saya menyarankan Anda untuk mengecek kedua situs ini agar bisa menemukan harga termurah. Untuk sekarang, sepertinya ada program potongan harga di Tokopedia sehingga membuat harga Steam Wallet Rp 700 ribu di sana lebih murah dari Bukalapak. Tapi seandainya menakar dari harga sebelum diskon, Tokopedia sebetulnya lebih mahal.

4. Di laman berikutnya, Anda akan disodorkan beragam opsi metode pembayaran (ada kesempatan menggunakan kode promo di Tokopedia sebelum masuk ke page tersebut). Silakan pilih Indomaret atau Alfamart.

Tampilan di Tokopedia.

Tampilan di Bukalapak

5. Selanjutnya, Anda akan diberikan kode transaksi via SMS - catat atau foto saja dengan smartphone buat memastikannya. Tunjukkan kode tersebut di kasir dan lakukan pembayaran.

6. Pembelian via gerai Alfamart atau Indomaret (apapun produknya) akan dikenai biaya administrasi sebesar Rp 2.500. Sesudah itu, kode Steam Wallet beserta serial number-nya akan dikirimkan lewat SMS.

 

7. Kode tersebut bisa segera di-redeem di laman store.steampowered.com/account/redeemwalletcode. Lalu secara otomatis dana Steam Wallet Anda akan bertambah.

Selamat mencoba dan berbelanja!