Game

Panduan Bermain Overwatch Untuk Pemula

Seiring bertambahnya jam terbang, Anda akan menguak berbagai rahasia tersembunyi di Overwatch

Overwatch ialah sebuah fenomena menarik di dunia gaming. Ia bukanlah game shooter biasa, dan bukan pula MOBA. Banyaknya pilihan karakter memberikan keunikan tersendiri tanpa mengintimidasi serta membebani pemain dengan formula-formula yang harus dihafal. Sebaliknya, Overwatch merupakan game shooter multiplayer paling bersahabat bagi pemula.

Mudah dipelajari, tapi sulit dikuasai, itulah mantra Overwatch. Jika belum sempat mencobanya, saya sangat merekomendasikan permainan ini buat semua gamer - bahkan untuk mereka yang bukan penggemar shooter. Dan andai kebetulan baru memulainya, atau sedang mencoba meningkatkan kualitas bermain, Anda tiba di tempat yang tepat. Melalui artikel ini, saya akan sedikit share tips-tips bermain Overwatch.

1. Mainkan serta pelajari semua karakter, dan jangan segan-segan ganti hero ketika dibutuhkan

Memang tidak bisa dihindari, beberapa karakter Overwatch akan jadi Hero favorit Anda, dan faktanya ada banyak gamer bermain satu atau dua karakter secara eksklusif. Tapi perlu kita ketahui bahwa pada dasarnya, penyajian tokoh Overwatch menyerupai prinsip permainan batu-gunting-kertas, di mana satu hero lebih efektif dalam menangani hero lain. Misalnya: selincah-lincahnya Genji, ia bukanlah tandingan Winston, dan Winston adalah sasaran empuk Reaper.

Dengan menjajal semua hero, Anda bisa mengetahui kelemahan dan kekuatan mereka masing-masing. Overwatch juga memungkinkan kita mengganti karakter di tengah pertandingan, dan Anda tidak perlu ragu beralih ke hero lain saat diperlukan. Satu hal lagi: selalu perhatikan komposisi tim. Susunan tim yang seimbang tentu akan memudahkan Anda memperoleh kemenangan.

2. Peran tank dan support ialah penentu kemenangan

Jadi sniper atau membingungkan lawan dengan memanfaatkan lincahnya Tracer memang terlihat keren, namun pertandingan umumnya ditentukan oleh efektivitas tank serta support - Anda harus betul-betul mahir bermain offense atau defense sehingga bisa memenangkan match.

Tak seperti di permainan lain, peran hero tank dan support di Overwatch sama sekali tidak membosankan dan terasa distingtif: Mercy punya tingkat healing tertinggi, tapi Speed Boost Lúcio bisa membantu kawan-kawan kabur dari Deadeye-nya McCree. Begitu pula tank; Barrier Projector punya Winston memang memberikan perlindungan menyeluruh, namun Barrier Field milik Reinhardt dapat menangkis lebih banyak serangan.

3. Berkomunikasilah

Jika bermain di PC, tombol '`' di pojok kiri atas keyboard akan mengaktifkan fungsi voice chat, memungkinkan Anda bercakap-cakap langsung dengan teman satu tim. Komunikasi sangatlah penting, bisa menyelamatkan kawan-kawan dari sergapan musuh, misalnya Bastion yang bersembunyi di sudut ruangan. Andai sedang tidak mood berkata-kata, Blizzard juga sudah menyediakan dialogue wheel, menyajikan shortcut ke perintah seperti 'group up', notifikasi 'need healing' dan lain-lain. Buat mengaksesnya, cukup tekan tombol 'C'.

4. Pasang telinga Anda baik-baik

Audio merupakan salah satu elemen penting di Overwatch, dan menggunakan headset yang memadai sangat disarankan. Di game, langkah musuh akan terdengar lebih jelas - dan kian berat suaranya, maka makin berbahaya pula lawan Anda. Lambat laun, Anda juga akan memahami beragam petunjuk audio. Contohnya, kalimat-kalimat seperti "It's high noon," "Nerf this!" atau "Justice rains from above!" mengindikasikan bahwa lawan sedang mengeluarkan skill ultimate mereka, dan sebaiknya Anda cepat-cepat mencari perlindungan.

Oh kadang kala, rekan satu tim yang selalu mengaktifkan mic bisa jadi sangat mengganggu. Solusinya adalah menyalakan fungsi mute lewat opsi Social.

5. Jangan ragu-ragu untuk menembak

Di Overwatch, pemain tidak akan pernah kehabisan amunisi, dan salah satu cara efektif mengisi meter skill ultimate ialah dengan menembak lawan. Dan lewat cara ini juga, Anda dapat memelajari cara kerja persenjataan masing-masing hero: hitbox dan gerakan anak panah Hanzo, kecepatan roket Pharah, hingga jeda antara pemicu dan keluarnya proyektil es dari Endothermic Blaster Mei.

Seiring bertambahnya jam terbang, Anda akan menguak rahasia-rahasia tersembunyi di Overwatch: jalan pintas untuk mengagetkan lawan sampai kombinasi dari beberapa skill ultimate. Semua ini akan lebih Anda pahami dengan menghabiskan lebih banyak waktu bermain Overwatch.

Saran terakhir saya adalah jangan ragu buat bereksperimen dengan hal-hal baru dan tantang diri Anda keluar dari zona nyaman.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter