Panduan Lengkap Cara Belanja dan Mengelola Akun di Bhinneka

Petunjuk bagaimana cara bikin akun, cara belanja hingga melakukan komplain

Bhinneka merupakan salah satu eCommerce yang cukup punya nama di Indonesia. Meski di tengah persaingan yang semakin alot, Bhinneka terbukti mampu terus bersaing.

Nah, buat Anda yang ingin berbelanja secara online di Bhinneka tetapi masih bingung caranya. Tutorial lengkap ini akan memberikan petunjuk mulai dari cara belanja, cara melakukan pembayaran, cara edit profil hingga melihat melakukan komplain jika mendapati masalah.

Cara Mendaftarkan Akun

Tutorial yang pertama adalah cara mendaftarkan akun. Akun adalah syarat utama yang harus dimiliki jika Anda ingin berbelanja di Bhinneka. Caranya cukup mudah, pertama buka dulu web Bhinneka.com melalui laptop atau PC Anda, kemudian perhatikan menu di sisi paling kanan, temukan link Daftar.

Di halaman berikutnya, Anda akan diminta untuk mengisi data-data diri seperti nama, alamat email, alamat rumah, nomor ponsel dan lain sebagainya. Lengkapi seluruh informasi yang diminta secara sempurna agar di kemudian hari Anda tidak perlu lagi melakukan perubahan.

Jika sudah terisi semua termasuk gambar captcha, klik tombol Registrasi.

Sistem sekarang akan menampilkan pemberitahuan bahwa pendaftaran sudah diterima, tetapi Anda wajib melakukan konfirmasi agar akun aktif secara penuh dan bisa segera dipakai berbelanja.

Sekarang, buka alamat email yang Anda pakai mendaftarkan akun tadi. Temukan surat masuk baru dari Bhinneka yang bunyinya meminta konfirmasi alamat email. Buka lalu klik tombol Konfirmasi Alamat Emal.

Setelah itu Anda akan dihantarkan ke laman baru yang isinya menginformasikan validitas pendaftaran. Sekarang, akun Anda sudah bisa dipakai untuk belanja barang di Bhinneka.

Cara Beli Produk

Kita langsung mulai dari posisi terakhir ya. Setelah mengonfirmasi alamat email, langsung klik saja halaman beranda atau home Bhinneka, lalu temukan produk yang ingin Anda beli. Jika sudah ketemu, klik produk tersebut untuk membaca deskripsi dan memastikan spesifikasinya sudah sesuai dengan yang Anda cari.

Pastikan juga warna dan ukurannya sesuai dengan keinginan Anda. Dan jika dirasa sudah pas semua, tekan tombol Beli Sekarang.

Anda kemudian dihantarkan ke keranjang belanja. Sebelum lanjut, Anda wajib mengisi dahulu alamat pengiriman barang. Caranya klik tombol Alamat Pengiriman.

Ketika muncul jendela popup, inilah formulir untuk penambahan alamat pengiriman. Silahkan isi informasi yang diminta secara tepat dan akurat agar pengiriman berjalan lancar.

Begitu alamat pengiriman ditambahkan, baru Anda bisa memilih jenis kurir yang akan digunakan.

Sekarang klik tombol Lanjut, dan pilih jenis pembayaran yang tersedia di sisi kiri layar Anda. Tapi sebelum bisa melanjutkan ke langkah selanjutnya, Anda wajib mengisi alamat penagihan yang isinya boleh sama atau berbeda dengan alamat pengiriman tadi. Jika ingin diubah, maka klik tombol Ubah. Jika tidak, maka biarkan saja.

Setelah semua terisi lengkap, klik tombol Lanjut dan pesanan Anda akan masuk ke sistem. Sistem akan menjawab dengan pemberitahuan di atas, pertanda pesanan sudah diterima dan Anda diwajibkan untuk menyelesaikan pembayaran sesuai nominal yang ditagih.

Mengedit Profil

Seperti di banyak layanan lainnya, akun di Bhinneka juga bisa dimodifikasi sesuai kebutuhan, misalnya Anda pindah alamat, ganti nomor atau email.

Caranya, arahkan kursor ke nama Anda di sudut kanan atas, lalu klik Akun Saya.

Untuk mengubah profil, klik Dashboard – Ubah data profil.

Kemudian tinggal diedit mana bagian-bagian yang perlu diubah, jangan lupa menyimpan perubahan sebelum pindah ke halaman lain.

Cara Melihat Riwayat Pesanan

Untuk melihat catatan pesanan kita, caranya sama dengan di atas, masuk ke menu Akun Saya kemudian klik menu Order.

Di sisi kanan Anda akan melihat panel History Order yang berisikan daftar barang yang pernah Anda beli sebelumnya, baik yang sudah dibayar ataupun yang belum. Untuk melihat rincian pesanan tinggal diklik saja satu per satu.

Mengubah Sandi

Langkah ini juga tidak sulit, di panel Akun Saya Anda cukup mengklik Akun dan Kata Sandi, lalu ketikkan sandi lama dan juga sandi penggantinya.

Terakhir klik tombol Ubah Kata Sandi untuk eksekusi perintah penggantian sandi baru.

Mengubah Alamat Pengiriman

Seperti yang tadi saya singgung, di Bhinneka Anda juga bisa mengubah atau bahkan menambahkan alamat pengiriman barang. Misalnya, Anda ingin membelikan sesuatu untuk orang tua, ketimbang mengirimkan barang ke alamat Anda kemudian Anda mengirimkannya kembali secara manual ke rumah orang tua, Anda dapat menambahkan alamat orang tua ke dalam sistem Bhinneka sebagai tujuan pengiriman barang. Nantinya, barang akan secara langsung dihantarkan ke alamat orang tua Anda, bukan alamat Anda lagi.

Caranya, di panel Akun Saya klik saja menu alamat pengiriman.

Di panel sebelah kanan, Anda akan mendapati alamat yang sudah pernah Anda buat di langkah di awal tadi. Untuk menambahkan alamat baru tinggal klik tombol Alamat Baru kemudian silahkan dimasukkan informasi alamat baru yang menjadi tujuan pengiriman barang.

Pemilihan alamat pengiriman ini bisa dilakukan sesuai kebutuhan, jadi sistem tidak akan secara acak memilih ke mana tujuan barang, tetapi berdasarkan input yang Anda berikan.

Cara Komplain ke Bhinneka

Menangani pesanan dalam jumlah besar dan mengelola berbagai hal yang kompleks tentu bukan pekerjaan mudah. Akan ada celah kesalahan dan kelalaian tidak hanya pada manusianya tapi mungkin saja pada sistem.

Jika Anda menemukan masalah atau sesuatu hal yang membuat tidak nyaman, Anda bisa dengan mudah mengajukan komplain atau sekadar bertanya ke divisi layanan pelanggan mereka.

Caranya scroll web Bhinneka hingga ke bagian paling bawah, kemudian temukan menu Hubungi Kami lalu klik.

Di laman berikutnya, klik email kami.

Lalu munculah formulir seperti ini. Selanjutnya Anda tinggal mengisi formulir dengan data dan juga keluhan atau pesan yang ingin ditanyakan.

Secara umum, Bhineka memiliki sistem pemesanan dan pengelolaan akun yang sederhana, sangat sederhana malahan menurut saya. Tapi, ini justru sangat bagus bagi konsumen di Indonesia yang terbilang masih enggan menggunakan sistem cart. Kebanyakan pembeli online di Indonesia masih suka memakai cara-cara konvensional, melalui WhatsApp, Line atau Instagram.

Dan karena sebab itu pula tutorial ini pun saya akhiri, karena semua panel dan fitur yang akan Anda temui sudah dibahas secara lengkap. Sebagai tambahan, saya akan coba berikan tips aman belanja online.

  • Jika Anda membeli barang di media sosial, pastikan Anda mengenal siapa penjualnya.
  • Waspada jika Anda menemukan barang yang dijual jauh di bawah pasaran, karena ini salah satu modus penipuan klasik yang sialnya selalu berhasil memakan korban.
  • Jika penjual mengajak COD, pilih tempat yang ramai.
  • Jika Anda membeli produk dari penjual yang tidak mempunyai web, tidak pula tersedia di marketplace, maka mintalah pembayaran menggunakan rekening bersama yang telah Anda tentukan sendiri.

Sampai di sini dahulu, happy shopping!

Sumber gambar header Merdeka.