Categories

Tips & Trik

Panduan Lengkap Membeli Aplikasi Android dengan Fasilitas Carrier Billing dari Indosat

Bambang Winarso - 4 March 2015

Indosat adalah operator pertama yang menerapkan metode carrier billing atau istilah awamnya potong pulsa untuk pembelian aplikasi, game atau ebook dari toko Google Play. Fasilitas dari Indosat tersebut berlaku sejak pertengahan Desember 2014 lalu bagi semua konsumen prabayar (Mentari dan IM3) dan pascabayar (Matrix).

Faktor penggunaan kartu kredit di Indonesia yang terbilang masih dalam tahap berkembang belum mampu mengimbangi pengguna perangkat Android yang justru tumbuh subur bak jamur. Pertumbuhan perangkat meningkatkan iklim industri digital, dimana makin banyak orang mulai membeli konten digital terutama dari Google Play Store yang menawarkan aplikasi, game, ebook, dan item-item yang bersifat digital.

Kegunaan fasilitas carrier billing atau potong pulsa tentu adalah jawaban atas persoalan yang ditinggalkan oleh situasi di atas, carrier billing bertujuan untuk mempermudah pengguna perangkat Android yang ingin membeli item dari Google Play Store namun terbentur soal kartu kredit. Bahkan fasilitas ini juga dirasa cukup membantu pengguna yang memiliki kartu kredit namun enggan menggunakannya dengan beragam alasan.

Selain penambahan pajak 10%, tidak ada syarat macam-macam yang diterapkan oleh Indosat. Pengguna hanya wajib mengaktifkan fasilitas carrier billing ini melalui aplikasi Play Store sebelum dapat membeli item yang diinginkan.

Caranya bagaimana? Tenang, Trenologi akan bahas selengkapnya langkah demi langkah pengaktifan carrier billing dari awal hingga proses pembelian aplikasi.

  • Jalankan aplikasi Play Store di perangkat Anda, kemudian tap ikon menu - My Account.

  • Di panel berikutnya tap Enable Indosat Billing.

  • Tunggu sampai proses verifikasi ini berlangsung, biasanya beberapa detik kemudian akan muncul form data diri yang harus diisi.

  • Seperti ini. Isi dengan nomor ponsel Indosat Anda kemudian nama, alamat dan lain-lain. Setelah selesai tap Save.

  • Periksa kembali data yang baru saja Anda isi, pastikan sudah dan benar. Jika sudah lanjutkan dengan men-tap Accept.

  • Selesai, fasilitas carrier billing Indosat di ponsel Anda sudah diaktifkan. Sekarang waktunya belanja!

  • Temukan aplikasi berbayar yang sedang Anda incar, saya contohkan aplikasi PicSay Pro - Photo Editor yang dibanderol Rp 18.000.

  • Tap aplikasinya kemudian tap tombol harga yang tertera, saat muncul popup tap Accept dan BUY. Perhatikan di popup terakhir sudah muncul metode pembayaran menggunakan akun Indosat.

  • Terakhir masukkan kata sandi akun Gmail Anda dan tap Confirm. Setelah itu proses unduhan akan berlangsung dan Anda akan mendapatkan konfirmasi melalui pesan singkat perihal pembelian tersebut.

Demikian cara mengaktifkan fasilitas potong pulsa Indosat. Semoga dapat menjawab permasalahan yang sedang Anda hadapi dalam proses membeli aplikasi di perangkat Android Anda.

[Gambar header: Twin Design/Shutterstock.com].

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter