Panduan Membuat Contact Form di Blogger.com dengan Google Docs

Membuat contact form atau halaman kontak yang dilengkapi dengan formulis pertanyaan di platform blog gratisan memang relatif lebih sulit. Dikarenakan penyedia layanan tidak menyertakan tool atau plugin untuk itu.

Berbeda dengan blog berbayar misalnya WordPress yang memang menyediakan plugin untuk membuat form kontak, bahkan dengan kustomisasi yang fleksibel.

Tetapi membuat contact form di blog gratisan bukan mustahil dilakukan. Terima kasih untuk Google yang menyediakan layanan yang namanya Google Docs. Karena berkat salah satu fiturnya, Form kita bisa merancang sendiri form kontak dengan mudah tanpa bantuan plugin.

Info Menarik:[Ask the Expert] Cara Mengubah Tampilan Smartphone Android Menjadi Seperti Samsung Galaxy S5

  • Pertama silahkan klik tautan ini untuk mendapatkan template form yang diinginkan. Silahkan login ke akun Google jika diminta. Selanjutnya pilih salah satu template yang tersedia dengan mengklik Use this Template.

  • Di jendela baru, temukan menu Form - Edit form.

  • Anda akan dihantarkan lagi ke tab baru dimana Anda dapat mengubah label untuk masing-masing form. Ubah bahasa yang digunakan atau hapus form yang tidak perlu. Jika sudah selesai klik Save dan klik File - Embed.

  • Sesuaikan ukuran form dengan halaman blog Anda, lalu salin kode yang diberikan.

Info Menarik:Cara Mengembalikan Data Flash Disk yang Terhapus Oleh Anti Virus

  • Sekarang masuk ke halaman Blogger.com dan buatlah halaman baru dengan judul yang Anda inginkan. Biasanya hubungi kami, kontak kami, dan lain-lain.

  • Sebelum menyalin kode form, pastikan badan postingan berada di mode HTML. Sisipkan kode form tadi lalu publikasikan halaman dan lihat bagaimana hasilnya.

  • Seperti ini jadinya.

Nantinya setiap ada pertanyaan yang diajukan melalui form ini akan dikirimkan ke database sheet dan juga notifikasi berupa email.

Sumber gambar header Shutterstock.