Categories

Misc

[Panduan Pemula] Cara Backup Kontak BBM dan Data BlackBerry Curve Dengan Desktop Software

Bambang Winarso - 8 August 2014

Membuat data backup di BlackBerry sangat disarankan untuk dilakukan apabila Anda tidak ingin kehilangan kontak BBM atau data di dalamnya. Sebab Anda tidak akan pernah tahu kapan smartphone berulah, sama seperti Anda tidak pernah tahu kapan kehilangan smartphone.

Perangkat BlackBerry sebagian besar sudah dilengkapi fitur backup kontak, namun di sejumlah model dan versi sistem operasi ternyata fitur tersebut tidak dapat ditemukan. Nah, itu baru masalah pertama. Masalah kedua akan menjadi lebih besar ketika Anda tidak membuat data backup sementara smartphone sudah terlanjur rusak atau hilang.

Bagi pengguna BlackBerry Curve atau BlackBerry model lain yang tidak menemukan menu Backup kontak BBM tidak harus berkecil hati. Ada satu cara yang bisa Anda lakukan untuk mengamankan kontak atau data lainnya, yakni dengan menggunakan aplikasi BlackBerry Desktop Software. Nah, panduan pemula kali ini akan memandu Anda membuat backup kontak BBM dan data lainnya.

 

Info Menarik: Smartwatch Ironman One GPS+ Dari Timex Dapat Berfungsi Mandiri Tanpa Smartphone

 

  • Untuk melakukan backup cara ini Anda membutuhkan BlackBerry Desktop Software yang bisa diunduh di tautan ini. Install di komputer Anda kemudian jalankan.
  • Setelah aplikasi berjalan, sambungkan perangkat BlackBerry Anda menggunakan kabel mini USB, biarkan beberapa saat sampai perangkat terdeteksi oleh komputer dan muncul di tatap muka aplikasi, seperti ini.

  • Klik menu Device - Backup.

  • Atau bisa juga langsung dari tatap muka depan dan klik tombol Back up now.

  • Saat muncul jendela baru Anda akan menemukan ada beberapa opsi dan pengaturan, di bagian Backup type Anda dapat tentukan apakah ingin membuat backup semua data atau Full, yang direkomendasikan atau Quick dan hanya beberapa saja atau Custom. Bila Anda hanya ingin membuat backup BBM saja maka pilih Custom dan pilih BlackBerry Messenger serta beberapa data yang terkait BBM seperti group, percakapan dan data BIS.

 

Info Menarik: Xiaomi Redmi Note 4G Akan Segera Hadir

 

  • Kemudian jangan lupa untuk memberi nama dan dan memilih folder lain jika diinginkan. Apabila sudah terisi semua, klik tombol Back up.

  • Tunggu beberapa saat sampai proses pembuatan backup selesai, dan bila sudah sistem akan memberikan pemberitahuan seperti ini.

Selanjutnya Anda dapat menggunakan data-data ini sebagai cadangan apabila perangkat BlackBerry tiba-tiba ngadat atau hilang. Sangat mudah dan bisa diterapkan untuk semua perangkat BlackBerry.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Dailysocial.id is a news portal for startup and technology innovation. You can be a part of DailySocial.id`s startup community and innovation members, download our tech research and statistic reports, and engage with our innovation community.

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter