[Panduan Pemula] Cara Ekspor Konten di WordPress

Tool ekspor disediakan secara default oleh WordPress, membantu proses pemindahan blog tanpa menyentuh database

Pindah dari satu host ke host yang lain bukan perkara baru bagi para blogger, kendati prosesnya bisa sangat melelahkan terutama jika jumlah konten yang terbit sudah banyak.

Tapi WordPress telah menyediakan berbagai tool yang memudahkan, salah satunya adalah tool ekspor dan import yang berfungsi untuk memindahkan konten mulai dari tulisan, halaman, galeri atau konten lainnya dari satu host ke host lain, atau jika Anda harus menggabungkan dua blog ke dalam satu blog saja.

Bagaimana caranya? Yuk kita coba sama-sama.

  • Arahkan kursor mouse ke perkakas/tool, kemudian klik Ekspor.

  • Selanjutnya, pilih konten apa yang hendak diekspor. Pilihan ini tergantung plugin dan jenis konten yang Anda terbitkan, tidak semua blog menampilkan opsi-opsi yang sama.

  • Saya mencoba mengekspor data tulisan, dan WordPress kemudian menampilkan lagi beberapa opsi yang bisa disesuaikan, misalnya kategori, penulis, tanggal terbit dan status tulisan. Jika sudah, klik Unduh Berkas Ekspor.

  • Tingal pilih folder yang jadi tujuan penyimpanan, dan klik Save.

Setelah proses ini selesai, Anda bisa dengan mudah memindahkan konten blog ke hosting manapun, atau bahkan memindahkan konten ini ke platform yang berbeda.

Sumber gambar header Pixabay.