Pindah dari satu host ke host yang lain bukan perkara baru bagi para blogger, kendati prosesnya bisa sangat melelahkan terutama jika jumlah konten yang terbit sudah banyak.

Tapi WordPress telah menyediakan berbagai tool yang memudahkan, salah satunya adalah tool ekspor dan import yang berfungsi untuk memindahkan konten mulai dari tulisan, halaman, galeri atau konten lainnya dari satu host ke host lain, atau jika Anda harus menggabungkan dua blog ke dalam satu blog saja.

Bagaimana caranya? Yuk kita coba sama-sama.

  • Arahkan kursor mouse ke perkakas/tool, kemudian klik Ekspor.

cara eksport tulisan di wordpress self hosted

  • Selanjutnya, pilih konten apa yang hendak diekspor. Pilihan ini tergantung plugin dan jenis konten yang Anda terbitkan, tidak semua blog menampilkan opsi-opsi yang sama.

cara eksport tulisan di wordpress self hosted_2

  • Saya mencoba mengekspor data tulisan, dan WordPress kemudian menampilkan lagi beberapa opsi yang bisa disesuaikan, misalnya kategori, penulis, tanggal terbit dan status tulisan. Jika sudah, klik Unduh Berkas Ekspor.

cara eksport tulisan di wordpress self hosted_3

  • Tingal pilih folder yang jadi tujuan penyimpanan, dan klik Save.

cara eksport tulisan di wordpress self hosted_4

Setelah proses ini selesai, Anda bisa dengan mudah memindahkan konten blog ke hosting manapun, atau bahkan memindahkan konten ini ke platform yang berbeda.

Sumber gambar header Pixabay.

DailySocial.id adalah portal berita startup dan inovasi teknologi. kamu bisa menjadi member komunitas startup dan inovasi DailySocial.id, mengunduh laporan riset dan statistik seputar teknologi secara cuma-cuma, dan mengikuti berita startup Indonesia dan gadget terbaru.