Misc

[Panduan Pemula] Cara Install WordPress via Softaculous

Minggu lalu TRL sudah mengupas tuntas cara membuat akun PayPal, yang merupakan edisi perdana kolom Panduan Pemula. Dan hari ini TRL kembali melanjutkan perjalanan kolom tersebut dengan pembahasan kedua yakni panduan meng-install WordPress menggunakan toolSoftaculous.

Sebelum kita masuk ke proses instalasi perlu saya jelaskan bahwa panduan ini tidak mengulas langkah pembelian domain, hosting, pengaturan nameserver dan juga integrasi keduanya, jadi saya asumsikan Anda sudah memiliki domain dan hosting yang terintegrasi dengan benar. Jika Anda berencana membangun blog dengan domain sendiri, saya sarankan sebaiknya belilah domain dan hosting dari satu provider saja sehingga Anda bisa meminta bantuan mereka untuk melakukan integrasi name server.

Langkah-langkah Instalasi WordPress

  • Buka Cpanel blog Anda, tanya ke layanan pelanggan hosting jika Anda kesulitan, atau langsung saja ketikkan urlblog Anda diikuti dengan teks/cpanel, misalnya http://www.bloganda.com/cpanel.
  • Jika sudah masuk, temukan menu Softaculous seperti dalam gambar di bawah ini.

  • Selanjutnya Anda akan dibawa ke halaman baru di mana terdapat sejumlah kategori script yang bisa Anda install, karena kita mau install WordPress Anda temukan menu WordPress dan klik tombol Install.

    

  • Di bagian ini mohon hati-hati ya, jika salah proyek blog bisa jadi lamban dan memakan waktu. Ikuti seperti yang terlihat di dalam gambar, perhatikan juga perintah di dalam gambar ya.

  • Masih dalam halaman yang sama. Jika sudah yakin datanya benar, klik tombol Install.

  • Sistem akan secara otomatis memproses perintah install, silahkan tunggu, proses ini memakan waktu lama.

  • Dan selesai, blog Anda kini sudah terinstal script WordPress. Untuk masuk ke sistem admin, silahkan menuju ke http://bloganda.com/wp-admin.

  • Jika ingin melakukan perubahan terhadap instalasi, soba bisa klik ikon bergambar peti kemas dengan label All Installations. Di halaman tersebut sobat bisa melakukan sejumlah tindakan, misalnya menghapus instalasi, meng-edit email dan lain sebagainya.

Panduan instalasi WordPress selesai, sekarang Anda sudah resmi memiliki blog. Selain menggunakan Softaculous, cara install WordPress bisa dengan menggunakan tool lain bernama Fantastico Auto Installer. Fungsinya sama, tetapi cara kerjanya berbeda. Ketersediaan keduanya tergantung hosting yang Anda sewa karena setiap penyedia layanan host memilih tool yang berbeda.

Sekian dulu panduan pemula untuk minggu ini, semoga bermanfaat. Sampai jumpa di kolom Panduan Pemula yang lain, dan jangan lewatkan sederet informasi dari dunia teknologi setiap harinya hanya di TRL.

Are you sure to continue this transaction?
Yes
No
processing your transaction....
Transaction Failed
Try Again

Sign up for our
newsletter

Subscribe Newsletter